Info Pendaftaran Universitas Negri dan Swasta 2016

Info Pendaftaran Universitas 2016 - Tidak berapa lagi siswa kelas 3 SMA akan mengikuti Ujian Nasional 2016, bisa dikatakan hanya tersisa sekitar 4 bulan lagi. Seperti info yang telah kami berikan terlebih dahulu Ujian Nasional 2016 akan diadakan 3x. Yang pertama yaitu khusus untuk siswa tahun lalu yang nilainya tidak memenuhi standar kelulusan, dilaksanakan pada Februari 2016. Yang kedua yaitu diperuntukkan bagi siswa tahun ajaran 2016 yang ingin lulus dari bangku SMA, ujian ini masih dilaksanakan sama dengan tahun2 sebelumnya yaitu pada bulan April 2016. Sedangkan untuk ujian nasional yang ke-3 ( yaitu ujian perbaikan bagi siswa TA 2016 yang nilai-nya belum memenuhi standar kelulusan ) belum tahu pasti bulannya namun sepertinya akan diadakan pada bulan september 2016.



Ada beberapa cara untuk memasuki PTN maupun Swasta, Kami akan menjabarkannya berikut ini.

  • Cara Daftar PTN ( Universitas Negeri ) 
  1. Melalui SNMPTN ( Jalur undangan  / biasa juga disebut dengan jalur Raport ) . Pada tahun lalu, jalur ini diadakan sebelum SBMPTN dilangsungkan. Jika anda lulus SNMPTN, dan ingin mengikuti SBMPTN, hal tersebut bisa2 saja. Namun jika anda Lulus SNMPTN serta ingin mengambil kampus yang anda lulus di SNMPTN tersebut. Dan anda juga ingin mengikuti SBMPTN, hal ini tidak bisa, karna jadwal pendaftaran dan jadwal ujian SNMPTN dengan SBMPTN dempet. Jadi adik-adik harus memilih salah satu.
  2. Melalui SBMPTN ( Jalur test ). Berdasarkan dari tahun lalu, jalur ini diadakan sesudah SNMPTN. Bisa dikatakan ini adalah jalur terakhir untuk memasuki PTN favorit seperti ITB, dan beberapa PTN favorit lainnya. Jadi persiapkanlah sebaik-baiknya untuk jalur ini.
  3. Melalui Test Mandiri. 
  4. UMB-PT, Biasanya diadakan paling akhir periode Pendaftaran mahasiswa baru dengan biaya masuk yang cukup mahal.
  • Cara Daftar PTS ( Universitas Swasta )
  1. Test Mandiri , Bisa di cek pada masing masing web PTS.
  2. Jalur Undangan ( Sama seperti SNMPTN ), Bisa ditanyakan pada guru BK di sekolah masing-masing.

Untuk kuliah di perguruan tinggi negri melalui SBMPTN bisa dikatakan lolos dari lubang jarum, yang mana tingkat persaingannya sangat sangat ketat alias greget. Oleh karna itu marilah persiapkan diri adek2 yang ingin mencapai cita-cita nya. Karna usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Dan bagi adek2 yang akan mengikuti ujian nasional bisa di download kisi-kisi nya disini