Jadwal pendaftaran SBMPTN 2016

Jadwal pendaftaran SBMPTN 2016 - SBMPTN, ujian yang selalu dilaksanakan oleh pemerintah. SBMPTN sendiri dilaksanakan untuk menjaring siswa siswi terbaik dari berbagai daerah untuk memasuki PTN diseluruh indonesia, Dengan seleksi berupa ujian tulis maupun ujian CBT ( Computer Based System ) . Sedikit keuntungan bagi siswa siswi yang akan mengikuti SBMPTN tahun ini, yaitu Kuota SBMPTN 2016 pada beberapa universitas dinaikan menjadi 60%, dan SNMPTN 40%. Yang mana pada tahun lalu SBMPTN dan SNMPTN diberikan kuota masing masing 40% dan 60%. Semoga peserta SBMPTN tahun ini dapat memanfaatkan peluang yang ada saat ini.

SBMPTN 2016


Namun ada sedikit yang berbeda pada tahun ini, yaitu diadakannya Ujian CBT untuk daerah tertentu yang telah memenuhi kualifikasi. Dan tentu saja Ujian yang dapat dilakukan CBT hanya khusus ujian tertulis, Untuk ujian Keterampilan akan tetap diadakan sesuai dengan arahan universitas masing masing. Ujian CBT maupun PBT ( Paper Based Testing ) ini tetap dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2014, 2015, dan 2016 dari pendidikan SMA/MA/SMK serta sederajatnya, termasuk juga Paket C. Lihat juga Contoh Karya Tulis Ilmiah

Adapun jenis ujian SBMPTN 2016 ini yaitu :
Ujian Tertulis (PBT / CBT)
Materi Ujian Tertulis terdiri atas:
  1. Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).
  2. Tes Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi (TKD Saintek) terdiri atas mata uji Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  3. Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata uji Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.
Ujian Keterampilan
Ketentuan Ujian Keterampilan sebagai berikut.
  1. Ujian Keterampilan diperuntukkan bagi peminat program studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  2. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang Ilmu Seni terkait.
  3. Ujian Keterampilan bidang Ilmu Keolahragaan  terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan tes keterampilan motorik.
  4. Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang sesuai dengan pilihan peserta. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id.
Berdasarkan dari website resmi pada link ini, Jadwal pendaftaran SBMPTN 2016 dan Ujian SBMPTN 2016 akan diadakan pada tanggal :

Jadwal SBMPTN 2016
Jadwal SBMPTN 2016


Jadwal Pendaftaran SBMPTN 2016 :

  • Untuk pendaftaran dimulai tanggal 11 Mei - 6 Juni secara online


Jadwal  Ujian Tertulis
  • Computer Based Testing (CBT)          :  28 atau 29 atau 30 Mei 2016
  • Paper Based Testing (PBT)                 :  31 Mei 2016

Jadwal Ujian Keterampilan
  • Ujian  Keterampilan dilaksanakan pada hari Rabu dan/atau Kamis, tanggal 1 dan/atau 2 Juni 2016.

 Sedangkan Pengumuman hasil SBMPTN 2016 akan diumumkan pada tanggal 28 Juni 2016 atau 1 bulan sesudah dilaksanakan Ujian SBMPTN. Dan sebagai sekedar info SBMPTN kali ini memiliki biaya pendaftaran sebesar 200rb.Naik 100rb dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Padahal SBMPTN tahun ini digadang gadangkan akan bebas dari biaya apapun. Pembayaran dapat dilakukan pada bank Mandiri dan Bank Nagari. Dan bagi siswa siswi yang menduduki bangku SMA saat ini, mungkin akan membutuhkan Kisi kisi Ujian Nasional SMA MA SMK 2016