Silabus SD kurikulum 2013 kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru

Silabus kurikulum 2013 SD kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru - Silabus menurut KBBI adalah si·la·bus/ 1. kerangka unsur kursus pendidikan, disajikan dalam aturan yang logis, atau dalam tingkat kesulitan yang makin meningkat; 2. ikhtisar suatu pelajaran, sedangkan dalam arti umum silabus adalah Program pembelajaran yang akan dijadikan dasar untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam proses penyusunannya melibatkan para guru, dosen dan ahli pendidikan. Baca juga : Cara daftar UN Perbaikan 2016
Silabus SD kurikulum 2013 kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru
Silabus SD kurikulum 2013 kelas 1,2,3,4,5,6 Terbaru
Pada tingkat dasar SD/MI, kurikulum 2013 difokuskan pada pembentukan sikap dan ketrampilan hidup, sedangkan keilmuannya lebih 'ringan' di banding KTSP. Pada level atas penguasaan keilmuannya lebih ditingkatkan porsinya karena dianggap pribadinya sudah terbentuk di level dasar. Kurikulum 2013 untuk SD menggunakan metode tematik integratif, yaitu dalam pembelajaran menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa materi ajar. Setiap kelas disediakan beberapa tema dan subtema yang terdiri dari beberapa pembelajaran.

Pada umumnya kurikulum-1(k-13) selalu mengalami revisi dengan jangka waktu yang berbeda-beda, adapun revisi yang dilakukan pada tahun ini yaitu berikut point-point nya.
1. Nama kurikulum tidak berubah menjadi kurikulum nasional tp tetap Kurikulum 2013 Edisi revisi yang berlaku secara Nasional.
2. Penilaian sikap KI 1 & KI 2 sdh ditiadakan di setiap mata pelajaran hanya agama dan ppkn namun Ki tetap dicantumkankan dlm penulisan RPP.
3. Jika ada 2 nilai praktik dalam 1 kd, maka yg diambil adl nilai yg tertinggi. Penghitungan nilai keterampilan dalam 1 kd ditotal (praktik, produk, portofolio) dan diambil nilai rata2. untuk pengetahuan, bobot penilaian harian dan penilaian akhir semester itu sama.
4. Pendekatan scientific 5M bukan lah satu2 nya metode saat mengajar dan apabila digunakan maka susunan nya tidak harus berurutan
5. Silabus kurtilas edisi revisi lebih ramping hanya 3 kolom yaitu KD, materi pembelajaran dan kegiatan pembelajaran
6. Perubahan terminologi ulangan harian menjadi penilaian harian, uas menjadi penilaian akhir semester utk semester 1 dan penilaian akhir tahun utk semester 2. Dan sudah tdk ada lagi uts langsung ke penilaian akhir semester.
7. Dalam RPP, tidak perlu disebutkan nama metode pembelajaran yang digunakan dan materi dibuat dalam bentuk lampiran berikut dengan rubrik penilaian (jika ada).
8. Skala penilaian menjadi 1-100. Penilaian sikap diberikan dalam bentuk predikat dan deskripsi.
9. Remedial diberikan untuk yg kurang namun sebelumnya siswa diberikan pembelajaran ulang. Nilai Remed inial adalah nilai yg dicantumkan dalam hasil.
 Nah bagi yang membutuhkan silabus sd kurikulum 2013 ini bisa didownload DISINI , berikut ini kami tampilkan salah satu file dalam folder yg telah di download tersebut :