Belajar Memahami Apa itu Proposal

Belajar Memahami Apa itu Proposal - Proposal adalah suatu hal yang cukup sulit kita pisahkan di era saat ini, Proposal mempunyai beragam manfaat baik dalam segi bisnis, kegiatan, maupun untuk pemaparan sesuatu hal.

Apa Itu Proposal

Proposal dalam arti kata KBBI adalah proposal/pro·po·sal/ n rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Dalam bahasa inggris Proposal mempunyai arti "to propose" yang berarti mengajukan. Penawaran/Pengajuan itu bisa berupa ide, gagasan, pemikiran atau sebuah rencana kerja yang di tujukan kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan, baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal dapat juga diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh penulis yang mempunyai tujuan untuk melakukan penjabaran atau menjelaskan sebuah rencana dengan suatu tujuan atau kegiatan kepada pembaca atau pihak yang menjadi target.

Sedikit kita menilik pernyataan para ahli akan tentang apa itu proposal :
1. Hasnun Anwar (2004 : 73), proposal adalah : rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu.
2  Jay (2006 : 1), proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien.
3. Keraf (2001:302), proposal adalah suatu saran atau permintaan kepada seseorang atau suatu badan untuk mengerjakan atau melakukan suatu  pekerjaan.
Apa itu Proposal ?
Apa yang membedakan Proposal dengan yang "lainnya" ?
  1. Proposal dibuat untuk meringkas kegiatan yang akan dilakukan. Proposal dibuat dengan singkat agar pihak tertentu mengetahui pokok isi acara yang akan diselenggarakan
  2. Berisikan tujuan-tujuan, latar belakang acara. Proposal disusun dengan tujuan-tujuan yang disesuaikan dengan latar belakang acara.
  3. Ada pihak yang mengajukan. Pihak yang mengajukan tersebut sebagai pihak yang mengusulkan suatu rencana atau kegiatan.
  4. Ada pihak yang menyetujui. Adanya pihak yang menyetujui menjadi salah satu dari ciri dari proposal. Hal ini berkaitan dengan fungsi proposal yakni sebagai legalisasi suatu rencana kegiatan.
  5. Terdapat gambaran kegiatan secara umum. Gambaran kegiatan disertakan dalam proposal berguna untuk memberikan informasi pada siapapun yang hendak ditunjukan proposal tersebut agar mengetahui apa yang sebenarnya maksud yang terkandung dalam proposal tersebut.
  6. Mempunyai kekuatan persuasif. Proposal mempunyai ciri persuasif bertujuan untuk menyakinkan seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki pada waktu sekarang maupun yang akan datang.
  7. Disusun sebelum rencana kerja. Maksudnya agar penerima mengetahui gambaran kegiatan secara keseluruhan kegiatan yang akan disetujuinya.
  8. Bersifat bisnis.Maksudnya proposal ini dibuat dengan tujuan untuk mengajukan kerjasama dan perjanjian atas suatu kegiatan.
  9. Memiliki sasaran dan tujuan yang jelas.Proposal disusun harus mempunyai sasaran dan tujuan yang jelas agar proposal tersebut bisa diterima dan disetujui oleh pihak yang menerima proposal dalam mengadakan pertimbangan.


Jenis dan Manfaat Proposal

A. Jenis Proposal
Secara Umum Proposal mempunyai beberapa jenis yang diantaranya yaitu :
  • Proposal bisnis. Sesuai dengan namanya, proposal ini berkaitan dengan usaha seseorang atau suatu kelompok. Contohnya adalah proposal pendirian usaha atau proposal kerjasama antar dua perusahaan.
  • Proposal proyek, mengacu pada dunia kerja, berisikan serangkaian rencana dalam sektor bisnis atau komersil. Contohnya adalah proposal proyek perumahan.
  • Proposal penelitian. Merupakan pengajuan kegiatan penelitian. Sering digunakan dalam kegiatan akademisi seperti penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis, dsb.
  • Proposal kegiatan/ event adalah pengajuan rencana sebuah kegiatan yang dilakukan oleh satu individu atau kelompok. Contohnya adalah proposal kegiatan 17 Agustus.
Namun jika melihat dari Bentuknya maka proposal terbagi atas :

      1. Proposal formal

Proposal formal yaitu proposal yang disusun secara lengkap meliputi tiga bagian utama, yaitu :
  • Bagian pelengkap pendahuluan
  • Isi  proposal
  • Bagian penutup
      2. Proposal semi formal (Sederhana)
Proposal semiformal ini disusun secara sederhana tidak perlu dilengkapi dengan tiga bagian seperti pada proposal formal, Proposal SemiFormal ini dibagi atas 2 yaitu : Proposal kegiatan umum dan proposal kegiatan ilmiah sederhana.

B. Manfaat Proposal
  1. Menjadi rencana yang mengarahkan panitia dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
  2. Menjelaskan secara tidak langsung kepada pihak-pihak yang ingin mengetahui kegiatan tersebut.
  3. Untuk meyakinkan para donatur atau sponsor agar mereka memberikan dukungan material maupun finansial dalam mewujudkan kegiatan yang telah direncanakan.
  4. Sebagai gambaran awal sebuah kegiatan.
  5. Sebagai alat untuk memperoleh persetujuan dari pihak berwenang.
  6. Sebagai alat pengontrol jalannya kegiatan.
  7. Sebagai alat evaluasi kegiatan.
  8. Sebagai salah satu alat untuk memperluas jaringan kerja dan komunikasi.

Unsur-unsur dan Kerangka Proposal

A. Unsur-unsur Proposal
Didalam suatu Proposal yang telah selesai dibuat, biasanya terdapat unsur2 berikut ini :
  1. Unsur-unsur yang terdapat pada proposal yaitu
  2. Nama/Judul Kegiatan
  3. Pendahuluan
  4. Tujuan
  5. Waktu dan Tempat
  6. Sasaran Kegiatan
  7. Susunan Panitia
  8. Anggaran
  9. Penutup
  10. Tanda tangan dan Nama terang

B. Kerangka Proposal
Untuk membuat proposal dengan baik, tentunya kita harus memulai kerangka proposal yang baik pula, berikut ini kami kumpulkan dan susun kerangka proposal yang paling cocok untuk era saat ini. Namun biasanya setiap jenis proposal mempunyai kerangkan yang sedikit berbeda, jadi jika ada ketidakcocokan bisa anda kreasikan sendiri kerangka yang ada saat ini.
  • Pendahuluan
Berisi tentang hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan.
  • Dasar Pemikiran
Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan.
  • Tujuan 
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus).
  • Tema
Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut.
  • Jenis Kegiatan
Sekaligus digunakan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.
  • Target
Berisi uraian ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan
  • Sasaran/Peserta
Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
  • Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.
  • Anggaran Dana
Biasanya hanya disebutkan jumlah perkiraan pemasukan dan pengeluaran. Rinciannya ada dalam lampiran proposal.
  • Susunan Panitia
Ditulis secara garis besar. Kerangka panitia yang tertera lengkap ada di dalam lampiran.
  • Jadwal Kegiatan
Dibuat sesuai dengan perencanaan lengkap dengan kalender kegiatan.
  • Penutup
Berisi harapan yang ingin dicapai, lembar pengesah proposal
  • Lampiran
Isi dan sistematika penulisan proposal dapat dimodifikasi sesuai dengan tujuan proposal itu sendiri. Contoh untuk proposal yang bertujuan mencari sponsor maka dapat dimasukan penawaran sponsorship. Atau proposal usaha/bisnis dapat memasukkan profil perusahaan, struktur organisasi, produk perusahaan, target pasar, dll.

Nah udah paham kan seluk beluk Proposal ? Atau ada yang tidak ngeh, yuk silahkan tinggalkan komentar cerdas anda di kolom komentar dibawah ini. Dan bagi kamu yang membutuhkan Contoh Proposal bisa cek disini , untuk Cara membuat proposal dengan baik dan benar segera menyusul ya!