Info Pendaftaran Mandiri USU 2017

Info Pendaftaran Mandiri USU 2017 - SNMPTN dan SBMPTN telah berakhir, untuk pengumuman SNMPTN pun sudah diumumkan, sedangkan dengan SBMPTN masih masih belum diumumkan. Namun seperti biasanya banyak yang lebih pesimis dengan hasil SBMPTN mungkin karna soal ketika ujian yang banyak tidak terjawab, atau kurangnya waktu untuk menjawab soal. Namun jangan berkecil hati jika kamu tidak lulus SBMPTN karna masih ada beberapa serangkaian tes untuk masuk PTN yang kamu inginkan.Diantaranya yaituSMM PTN Barat dan UMB-PT,UMB-PT ini bekerjasama dengan 12 PTN di indonesia. Diantaranya adalah sbagai berikut ini :
Info Pendaftaran Mandiri USU 2017
Info Pendaftaran Mandiri USU 2017
Peserta UMB-PT dapat memilih salah satu atau lebih dari 12 (dua belas) PTN yang tergabung dalam UMB-PT 2017, yaitu:
  1. Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Lhokseumawe
  2. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) Banda Aceh
  3. Universitas Teuku Umar Meulaboh
  4. Universitas Samudra
  5. Universitas Sumatera Utara (USU) Medan
  6. Universitas Andalas
  7. ISI Padangpanjang
  8. Universitas Maritim Raja Ali Haji
  9. Universitas Jambi (UNJA) Jambi
  10. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Banten
  11. Universitas Terbuka (UT) Jakarta
  12. Universitas Palangka Raya
  13. Universitas Borneo (UB) Tarakan
Untuk Persyaratan Peserta yang ingin mengikuti UMB-PT adalah sebagai berikut:
  1. Tamatan SMTA (SMA, MA, SMK, SMTA luar negeri, ujian persamaan, dsb.) tahun berjalan dan atau paling lama kelulusan 3 (tiga) tahun terakhir, (2015, 2016 dan 2017).
  2. Tamatan Paket C tahun berjalan atau tahun 2015, 2016 dan 2017 yang memiliki raport tiga tahun (selama yang bersangkutan mengikuti program tersebut).
  3. Mempunyai kesehatan fisik yang tidak mengganggu kelancaran belajar di program studi pilihannya (sebagai contoh untuk program studi yang dalam belajar diperlukan kemampuan membedakan warna, tidak boleh buta warna).
  4. Khusus untuk Universitas Terbuka tidak ada batasan kelulusan.
Untuk Materi ujian nya sama persis dengan SBMPTN yaitu terdapat penggolongan IPA, IPS, dan IPC. Sedangkan untuk tempat pelaksaan ujian, Peserta ujian dapat mengikuti ujian di salah satu PPL/Outlet (yang ditentukan setelah mendaftar), peserta ujian tidak harus mengikuti ujian di tempat program studi atau universitas yang menjadi pilihannya.

Namun hingga saat ini masih belum ada kejelasan kapan akan dibuka pendaftaran UMB-PT ini, ketika penulis mencoba melakukan email pihak UMB-PT, tapi belum ada tanggapan hingga saat ini ? Apakah ini karena UMB-PT digantikan oleh SMM PTN, cukup disayangkan jika benar, karna USU tidak bekerja sama dengan SMMPTN.