5 Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMP, No.5 Paling AMPUH!


Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, di Indonesia diberlakukan Ujian Nasional baik tingkat SD dan sederajat, SMP sederajat, SMA/ SMK sederajat. Meski tak menjadi penentu kelulusan tetapi ujian ini sangat penting untuk diperhatikan. UN akan menguji bagaimana pemahaman para siswa terhadap materi yang selama ini didapat. Tak sedikit pula yang gugup bahkan jatuh sakit saat akan menghadapi ujian karena rasa gugupnya. Tak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana tips lolos ujian nasional 2019 SMP ini.
5 Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMP, No.5 Paling AMPUH!
Mereka yang duduk di bangku kelas IX SMP baik negeri ataupun swasta dan sederajat memang sudah pasti harus melewati ujian nasional ini. Issue yang selalu beredar adalah tersedianya kunci jawaban dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Padahal, tentu berita ini sangatlah mengganggu kepercayaan diri dari para peserta. Kunci dari keberhasilan menghadapi ujian adalah persiapan seperti belajar, memahami konsep dan berdoa. Dengan begitu, para peserta yang menjawab soal-soal yang ada tidak akan ragu atas pilihan jawabannya.

5 Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMP
  • Pahami Tata Cara Mengerjakan
Adanya perubahan sistem juga diikuti dengan perubahan tata cara pengerjaan soal. Kalau sebelumnya peserta menggunakan pensil dan kertas maka berbeda dengan UNBK. Ujian nasional berbasis komputer tentu tidak membutuhkan peralatan tulis untuk mengisi jawaban. Maka dari itu, salah satu tips lolos ujian nasional 2019 SMP adalah memahami terlebih dahulu bagaimana tata cara pengerjaan soal. Pahami bagaimana instruksi yang diberikan serta mempraktikkannya agar tahu mana cara benar dan salah.
  • Gunakan Kisi Kisi Tahun Sebelumnya
Menggunakan kisi kisi tahun sebelumnya hanya untuk sebagai panduan saja. Selagi kita juga belajar pada kisi kisi yang terbaru, tak ada salahnya untuk menggunakan kisi atau soal pada tahun sebelumnya agar memperbanyak referensi kita belajar. Tips lolos ujian nasional 2019 SMP ini cukup mampu membuat pengetahuan kita bertambah banyak. Mengingat kisi kisi ini disusun oleh tim khusus yaitu BNSP atau badan standar nasional pendidikan. Para siswa tingkat akhir nantinya bisa mendapatkan gambaran bagaimana soal yang akan keluar pada ujian nasional.
  • Atasi Rasa Cemas dan Stress
Tak sedikit para peserta ujian nasional mengalami rasa cemas dan juga stress yang berlebihan. Terutama mendekati hari H. Tentu hal ini harus bisa diatasi agar tak semakin memburuk atau bahkan mengganggu konsentrasi ketika mengerjakan soal. Pastikan bahwa diri kita tidak mengalami tekanan dan stress. Cobalah untuk mengambil jeda waktu setelah belajar dengan mengalihkan pikiran pada hal-hal yang disukai. Misalnya membaca novel, bersepeda dan hobby positif lainnya untuk menghilangkan rasa stress tetapi tetap tidak mengganggu belajar kita
  • Teliti dan Tidak Berpuas Diri
Tips lolos ujian nasional 2019 SMP berikutnya adalah teliti dan tidak mudah berpuas diri. Ketika mengikuti try out atau latihan soal dan mendapatkan hasil bagus, jangan berpuas diri dulu. Selalu tingkatkan kemampuan dalam memahami konsep, berhitung dan teliti. Dengan begitu, hasil try out yang bagus menjadi pijakan awal kita untuk menghadapi ujian nasional.
  • Cari Metode Belajar yang Solutif
Kebanyakan siswa merasa bosan jika harus belajar terus menerus. Padahal, bekal untuk UN adalah belajar. Agar tak bosan, carilah metode belajar yang menyenangkan. Juga cara belajar yang efektif dan solutif. Misalnya saja seperti belajar bersama atau kelompok, tanya jawab teman sebaya dan lain sebagainya.

Beberapa tips lolos ujian nasional 2019 SMP ini akan membantu kita untuk lancar dan sukses mengerjakan UN. Percaya diri merupakan kunci utama disamping dengan belajar dan berdoa. Selamat mencoba, semoga sukses!