Beasiswa Pesantren Tahfidz Quran Darunnajah Bogor

Beasiswa Pesantren Tahfidz Quran di Bogor ini memberikan bantuan pendidikan untuk santri putra maupun putri yang mempunyai kemampuan untuk menghafal Al-Qur’an. Uniknya semua kebutuhan dalam pendidikan akan digratiskan selama proses atau setidaknya dalam jangka 6 tahun belajar. Nah bagi yang penasaran, mungkin keterangan singkat yang sudah kami siapkan dibawah ini akan sangat membantu.

Beasiswa Pesantren Tahfidz Quran Darunnajah Bogor

Pada dasarnya tidak semua orang mempunyai kemampuan khusus yang bisa menghafal Al-Quran dengan mudah. Tapi bagi santri dengan kemampuan unik seperti yang disebutkan, tentu menjadi hal yang berkah untuk kalangan orang disekitarnya. Tidak terkecuali sebagai orang tua yang bangga karena mempunyai anak seperti yang dimaksud.

Untuk bisa menghafal Al-Qur’an dengan baik, membutuhkan tuntunan dari orang yang memang berpengalaman. Mempunyai ilmu cukup, atau memang sedari kecil orang tua mengajari hal tersebut. Tapi jika dirasa kurang mampu, tentu jalan utama untuk meraih hal tersebut dengan mencari informasi terkait beasiswa. Nah disini ada solusi sederhana dari Pondok Pesantren Darunnajah, sebab yayasan tersebut membuka beasiswa yang dikhususkan untuk penghafal Al-Quran.

Pesantren Tahfidz Quran Darunnajah 2 terletak di Cipining Bogor, Jawa Barat. Dalam hal ini pihak yayasan memberikan beasiswa penuh untuk para penghafal Al-Qur’an. Baik itu untuk jenjang MTs, SMP, MA, SMA, ataupun SMK. Targetnya menyesar santri di daerah Jawa Barat khususnya di wilayah Bogor Barat.

Tujuan dari adanya program beasiswa tahfidz Quran ini ialah untuk meningkatkan kuantitas dari para penghafal Quran. Sebagai lembaga pendidikan, pesantren tersebut menyediakan media belajar yang tepat sasaran, dan tentunya didampingi pula oleh para pengajar yang lebih berpengalaman, lebih banyak teman, serta hal-hal lain yang bisa menunjang proses penghafalan.

Bagaimana cara daftar dan apa saja yang digratiskan? Untuk bisa mendaftar pada program beasiswa Tahfidz Quran di Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor, disini bisa dengan mengunjungi langsung atau dengan melakukan pendaftaran secara online. Semua biaya pendidikan dan asrama akan dibebaskan (gratis) selama masih menjadi santri di Darunnajah 2 Cipining. Namun dalam hal ini ada pula syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak rincian berikut :

Syarat Pendaftaran :
  1. Melakukan pengisian formulir pendaftaran (dalam hal ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 150.000)
  2. Sudah dinyatakan lulus tes ujian masih santri beasiswa Tahfidz
  3. Siap sedia tanda tangan diatas surat pernyataan konsekuensi  untuk menjadi santri beasiswa tahfidz
Jika masih belum paham dengan proses seleksi, tes bisa diikuti dengan mengisi formulir pendaftaran. Selanjutnya calon santri akan mengikuti tes masuk beasiswa tahfidz selama 3 hari dengan berbagai ketentuan. Beberapa diantaranya ialah :

* Masuk Kelas 1 MTs :
  • Diperbolehkan mulai dari 0 hafalan atau belum punya hafalan sama sekali.
  • Mengikuti tes masuk seperti yang sudah disebutkan diatas selama 3 hari
  • Setiap hari mampu menghafal 1 halaman Quran selama 3 hari berturut-turut. Hari pertama 1 halaman dan begitupun hari berikutnya dengan melanjutkan halaman yang di hafal.
* Masuk Selain Kelas 1 MTs :
  • Siap mengikuti tes selama 3 hari seleksi
  • Diharuskan mempunyai hafalan seperti yang di arahkan oleh panitia
Dalam hal ini ada beberapa target hafalan yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan.
  • SLTP (SMP) :  (Kelas 1 hafal 5 juz), (Kelas 2 hafal 6 juz), (Kelas 3 hafal 5 juz)
  • SLTA (SMA) : (Kelas 1 hafal 7 juz), (Kelas 2 hafal 7 juz), (Kelas 3 mengulang hafalan minimal 2 kali hatam)
Konsekuensi dari beasiswa tahfidz ini terbilang cukup keras, sebab jika tidak mencapai target maka sekolah akan diberhentikan selama 1 tahun hingga memenuhi syarat meski meraih ranking 1 dikelasnya. Apabila berhenti ditengah jalan, maka biaya yang telah digratiskan harus dibayar.