Beasiswa PMB Unissula Jalur Hafidz Al-Qur'an

Beasiswa PMB Unissula Hafidz Al-Qur’an ini bisa dibilang cukup menarik untuk dibahas. Sebab tidak sedikit dari kalangan calon mahasiswa yang ingin memperoleh bantuan biaya untuk menuju jenjang sekolah yang lebih baik. Jika memang tergolong kriteria sebagai penghafal Al-Qur’an, tentu beasiswa ini sudah sepantasnya untuk diklaim. Seperti apa saja syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi? Mungkin akan lebih baik jika menyimak artikel berikut.

Beasiswa PMB Unissula Jalur Hafidz Al-Qur'an

Seperti dilansir dari website resmi Universitas Sultan Agung Semarang, ada beberapa ketentuan beasiswa untuk hafidz quran, beberapa diantaranya ialah bisa hafal 30 juz, 29-30 juz, 16-20 juz, 11-15 juz, dan 5 hingga 10 juz. Tinggal pilih saja sesuai dengan kemampuan saat ini. Nah, mengenai penjelasan terperinci, berikut kami telah siapkan selengkapnya.

1. Hafidz 30 Juz
Pada tingkat ini, keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) beserta Uang Kuliah Tunggal (UKT) diberikan kepada seluruh prodi. Sedangkan untuk kuota beasiswa masih ditentukan oleh masing-masing fakultas.

2. Hafidz Minimal 26 hingga 29 juz
Keringanan diberikan untuk pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) serta pemotongan sebesar 80% untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT). Diberikan untuk semua prodi kecuali Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi. Untuk kuota ditentukan oleh fakultas masing-masing.

3. Hafidz Minimal 21 hingga 25 juz
Tingkat ini akan memberikan keringanan berupa pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) serta potongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) sebesar 65%. Diberikan untuk semua prodi kecuali Kedokteran Umum dan Gigi. Kuota juga masih ditentukan oleh masing-masing fakultas.

4. Hafidz Minimal 16 hingga 20 juz
Memperoleh keringan DPI serta pemotongan Uang Kuliah Tunggal sebesar 50%. Diperuntukkan bagi semua prodi kecuali Kedokteran Umum dan Gigi. Kuota akan ditentukan fakultas masing-masing.

5. Hafidz Minimal 11 hingga 15 juz
Keringanan DPI dan potongan 35% untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kuota ditentukan oleh fakultas masing-masing dan diberikan pada semua prodik kecuali Kedokteran Umum dan Gigi.

6. Hafidz Minimal 5 hingga 10 juz
Memperoleh pembebasan Dana Pengembangan Institusi (DPI) dan 20% potongan untuk Uang Kuliah Tunggal (UKT). Kuota ditentukan fakultas dan diperuntukkan bagi semua prodi kecuali kedokteran Umum dan Gigi.

Bagaimana cara daftar Beasiswa PMB Unissula (Penerimaan Mahasiswa Baru) melalui jalur Hafidz Al-Qur’an? Dalam hal ini proses daftar bisa dilakukan secara online. Silahkan kunjungi link berikut : http://pendaftaran.unissula.ac.id/pmbfront/daftar

Dari beberapa form isian yang tersedia, disitu terdapat isian nama, tujuan prodi (jurusan), data diri, alamat, identitas orang tua, wali, data sekolah asal, dan detail nilai semester.
  • Form pertama ialah mengisi nama lengkap dan tujuan akademisi (jurusan) dengan dua pilihan prodi.
  • Form kedua ialah mengenai data diri seperti tempat lahir, tanggal lahir, jenis kelamin, agama, golongan darah, No. KTP, pekerjaan, nomer ponsel, email, alamat (RT/RW, Desa,/Kelurahan, Dusun), Provonsi, Kota, Kabupaten, Kode Pos, dan Kewarganegaraan.
  • Form ketiga di isi dengan nama orang tua (Ibu/Ayah/Wali) beserta nomer telepon.
  • Form keempat ialah terkait dengan data sekolah. Beberapa diantaranya berupa provinsi, kota, jenis jenjang, jurusan, asal sekolah, alamat sekolah, NISN, Tahun Lulus. Jika sudah lulus, terdapat form tambahan yang diminta untuk mengisi No. Ijasah, Jumlah mata pelajaran STTB, Nilai STTB, Jumlah mata pelajaran UAN, dan nilai UAN.
Semua informasi diatas bisa diakses langsung pada form pendaftaran online. Jika memang sudah yakin dengan semua persyaratan, tidak ada salahnya juga ikut mendaftar. Semoga berhasil.