Beasiswa UNDIP Bantuan Belajar Mahasiswa

Untuk mendukung program perbaikan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, Disini pihak UNDIP memberikan batuan biaya belajar yang dikhususkan bagi kalangan mahasiswa tidak mampu. Dalam hal ini pihak kampus akan membebaskan biaya kuliah dan juga hal lain dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja syarat dan ketentuan tersebut? Maka dari itu disini kami untuk memberikan referensi yang dibutuhkan.

Beasiswa UNDIP Bantuan Belajar Mahasiswa

Jika dilansir dari situs resmi Universitas Diponegoro, Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) ini bisa dilakukan dan diklam dengan beberapa alternatif. Beberapa diantaranya ialah daftar secara online dan atau mengisi formulir fisik. Jadi dengan demikian akan lebih mudah untuk memilih sesuai dengan ketersediaan form. Jika memang berminat, berikut beberapa persyaratan yang harus disiapkan terlebih dahulu untuk mengikuti program Beasiswa BBM.

Syarat dan Ketentuan Beasiswa BBM Universitas Diponegoro :
  1. Melakukan pengisian formulir pendaftaran beasiswa BBM (Surat ini bisa diminta pada petugas di fakultas masing-masing).
  2. Termasuk pada golongan mahasiswa Reguler, bukan transfer dari program D3 ke S1. Tepatnya pada saat mengajukan permohonan beasiswa.
  3. Mahasiswa yang sudah menjalani kuliah S1 minimal duduk di semester II, sedangkan untuk maksimal ialah di Semester VIII. Dan mahasiswa D3 minimal Semester II, Maksimal duduk di semester VI.
  4. Terhitung sebagai mahasiswa aktif dan dibuktikan dengan foto kopi KRS yang sudah disahkan pejabat berwenang.
  5. Melampirkan foto kopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  6. Melampirkan foto kopi KHS terakhir dengan minimal IPK 2,5 serta disahkan oleh pejabat berwenang.
  7. Melampirkan foto Kopi KK (Kartu Kepala Keluarga)
  8. Meminta Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Fakultas dan disahkan oleh pejabat berwenang (dilampirkan).
  9. Melampirkan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan atau kepala desa (domisili).
  10. Melampirkan foto kopi sertifikat, piagam atau bukti prestasi yang pernah dicapai (jika ada).
  11. Foto kopi struk pajak rekening listrik bulan terakhir
  12. Surat keterangan sedang tidak mengajukan beasiswa dari instansi lain (baik swasta atau pemerintah) dan atau mengajukan permohonan bebas SPP atau keringanan SPP.
  13. Menuliskan nama calon penerima beasiswa PPA sesuai dengan nama yang sudah tercantum pada buku rekeing PT. Bank BTN KCP UNDIP Tembalang.
  14. Membuat dan merancang Program Kreatifitas Mahasiswa (Khusus @FSM, untuk beberapa fakultas bisa dianggap cukup hanya dengan membuat surat pernyataan siap membuat PKM jika lolos seleksi menerima beasiswa. Hal ini juga bisa ditanyakan langsung pada masing-masing kemahasiswaan fakultas).
Jika melihat semua rincian diatas, mungkin sudah terjawab semua pertanyaan yang sedang ingin diketahui. Intinya konfirmasi terlebih dahulu dengan Pejabat Kemahasiswaan pada setiap fakultas, tanyakan, dan minta surat rekomendasi seperti yang sudah kami jelaskan diatas. Nah sebagai referensi tambahan, mungkin beberapa link yang sudah kami sediakan dibawah ini juga bisa membantu.

Pedoman Mahasiswa (bisa disimak jika berminat untuk mencalonkan diri sebagai kandidat penerima beasiswa), bisa dilihat dan dibaca pada link : http://bak.undip.ac.id

Sedangkan untuk informasi lain, seperti kontak, info syarat seperti yang sudah kami sebutkan diatas, dan juga hal lain yang dibutuhkan, silahkan cek di alamat : https://www.undip.ac.id/language/id/beasiswa-bbm-bantuan-belajar-mahasiswa

Nah mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan, jika masih ada kekurangan atau sedikit kekeliruan, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Jangan lupa cek juga jenis beasiswa yang lain dengan melihat postingan terkait dibawah. Sekian dari kami dan semoga bisa membantu.