Cara Cek Sertifikasi Guru Kemdikbud

Untuk mengetahui cara cek sertifikasi guru, tentu pihak pemerintah sudah menyediakan link khusus yang bisa anda gunakan untuk mengaksesnya. Sedangkan menurut keterangan yang kami peroleh, infovalidasi data guru tersebut hanya berfungsi sebagai pembantu guna menampilkan data dari sekolah. Jadi jika terjadi suatu kesalahan data, maka proses perbaikan bisa dilakukan melalui aplikasi dapodik pada setiap sekolah masing-masing.

Nah dalam hal ini, situs terkait menampilkan suatu periode yang diterapkan pada bulan Juli hingga Desember 2018. Tepatnya untuk semester 1 pada tahun 2018 dan 2019. Jadi jika anda mengaksesnya kini, maka keterangan yang anda peroleh mungkin masih bersifat persiapan validasi.
Cara Cek Sertifikasi Guru Kemdikbud
 Pada keterangan lain tampilan, terdapat suatu penegasan bahwa layanan tersebut berisi daftar guru yang belum terbit SKTP yang disebabkan oleh dapodik sekolah terkait sedang bermasalah. Nah sebagai alternatif untuk mengecek data pribadi atau rekan, maka nama yang terdaftar tersebut bisa di informasikan pada guru yang dimaksud. Sedangkan untuk melihak daftar kesalahan, maka anda bisa menuju pada fitur Info PTK. Namun dalam hal ini anda tetap harus melakukan perbaikan dari dapodik sekolah.

Bagaimana cara login untuk validasi data guru?
Form Login Validasi Data Guru Kemdikbud
 Sebagai langkah awal untuk bisa mengakses dan membuka data info GTK, maka anda bisa menggunakan alternatif yang sudah disediakan. Namun anda harus mempersiapkan NUPTK sebagai guru dan tenaga kependidikan yang sudah memiliki NUPTK, dan NIK bagi guru yang belum mempunyai NUPTK atau NUPTK tidak valid.

Sedangkan untuk daftar nama guru yang belum valid, terdapat sebuah form pengisian sehingga bisa memperbaiki SKTP yang tidak terbit. Form tersebut menunjukkan tentang sudah pensiun atau belum,nama ,usia, dan nama sekolah. Jika sudah di isi dengan benar, maka akan muncul keterangan terkaid dengan validasi. Nah untuk info selengkapnya. Silahkan cek pada link berikut : http://info.gtk.kemdikbud.go.id/

Form lain yang masih terkait ialah anda diminta untuk menentukan provinsi, kabupaten atau kota serta memilih jenjang sekolah dimana tempat anda mengajar. Cukup terbilang sederhana jika anda mengakses link diatas.

Sebagai keterangan tambahan dan tentunya memperoleh sistem perhatian dari Pihak Kemendikbud, supaya bisa membuka info GTK, maka hal yang anda butuhkan ialah SIM PKB. Sebab info tersebut hanya dapat dilakukan melalui ketentuan tersebut. Sedangkan untuk langkah penerapan, anda bisa menyimak keterangan yang sudah kami lampirkan dibawah ini.

Langkah Untuk Membuka Info GTK :
  1. Hal pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan membuka aplikasi SIMPKB di https://paspor.simpkb.id
  2. Selanjutnya lakukan proses login dengan menggunakan akun SIM PKB atau nomor peserta UKG.
  3. Cari layanan info GTK yang anda butuhkan
  4. Dan klik layanan info GTK untuk mengetahui infor terkait.
Jika anda mempunyai kendala atau masalah setelah mengklik layanan info GTK, mungkin terjadi kesalahan yang anda lakukan. Jadi dalam hal ini bisa dilakukan cek ulang pada penulisan nomor peserta UKG, tepatnya pada aplikasi dapodik sekolah dan lihak apda sudah benar atau salah. Umumnya halaman info GTK tidak terbuka atau terdapat keterangan bahwa data tidak ditemukan jika anda mengalami hal tersebut.

Guna mendukung usaha yang anda lakukan, setidaknya alikasi Dapodik sekolah melakukan proses sinkron setidaknya satu minggu sebelum melakukan pengecekan.

Supaya tidak hanya sekedar membaca, alangkah baiknya jika anda langsung menuju pada link-link yang sudah kami sebutkan diatas. Hal tersebut bertujuan untuk memperoleh info yang lengkap dan tidak membuat anda bingung.