Cara Daftar SBMPTN 2019 dan Untuk Jalur Bidikmisi

Melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi tentu patut untuk diapresiasi. Jika selama ini masih terbayang masalah keuangan, mulailah untuk mencari beasiswa yang telah banyak disediakan oleh pihak swasta ataupun pemerintah. Bahkan, dari beasiswa ini nanti kamu bisa berkuliah tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Selain beasiswa, pahami juga bagaimana cara daftar SBMPTN 2019. Cari tahu dan catat baik-baik tanggal, hari hingga bagaimana kita mendaftarkan diri saat waktu pendaftaran telah dibuka. Syarat Pendaftaran dan Jadwal SBMPTN 2019
Cara Daftar SBMPTN 2019 dan Untuk Jalur Bidikmisi
SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri ini dilakukan setelah para peserta SBMPTN melakukan pendaftaran dan memenuhi persyaratan. Barulah nanti kita bisa mengikuti ujian tersebut. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN ini dengan terus belajar.

Tata Cara Daftar SBMPTN 2019 untuk Reguler atau Non Bidikmisi
  1. Calon peserta SBMPTN untuk reguler mendaftar di laman pendaftara.sbmptn.ac.id.
  2. Klik tombol pendaftaran yang bertuliskan “bagi calo peserta SBMPTN yang belum memiliki pasangan KAP dan PIN serta bukan peserta Bidikmisi”.
  3. Isi nama, tanggal lahir dan isi kode captcha yang ada.
  4. Nantinya peserta akan mendapatkan slip pembayaran SBMPTN. Anda bisa emnggunakan kode bayar pada slip tersebut untuk membayar di bank.
  5. Datangi bank yang sudah diberitahukan pada laman pendaftaran, lakukan pembayaran. Jika tidak ada kendala, anda bias mendapatkan pasangan KAP dan PIN.
  6. Akses kembali laman pendaftaran.sbmptn.ac.id untuk bisa log in dengan memilih dan klik tombol yang bertuliskan “bagi calon peserta SBMPTN yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN. Sampai pada tata cara daftar SBMPTN 2019 ini pastikan tidak ada kendala.
  7. Log in dengan memasukkan KAP dan PIN yang telah anda dapatkan sebelumnya. isi kode captcha yang terlihat pada laman tersebut.
  8. Pilih file foto dan unggah kemudian tekan tombol upload. Setelahnya, anda bisa emngatru pas foto sesuai dengan contoh. Jika sudah silakan klik tombol simpan.
  9. Isi biodat a lengkap dan klik simpan jika sudah lengkap, isi data pendidikan dan klik simpan. Begitu juga untuk data lokasi ujian, program studi dan cek data yang ada. Jika sudah lengkap anda bisa klik tombol setuju agar bisa melanjutkan.
  10. Pilih jenis ujian tertulis UTBC atau UTBK yang mana ada beberapa kemungkinan seperti pilih ujian PBT, UTBK jika masih ada ruang tersedia, UTBC dan ganti lokasi ujian. Pilih lokasi dan program studi klik simpan. Cek data, klik saya setuju untuk lanjut kemudian pilih ujian UTBK jika mashi ada ruang.
  11. Cetak kartu SBMPTN yang telah tersedia.

Tata Cara Daftar SBMPTN 2019 untuk Bidikmisi
Langkah pendaftaran untuk bidikmisi memang tidak terlalu berbeda dengan pendaftaran reguler. Anda bisa mengakses laman di pendaftaran.sbmptn.ac.id. Pilih dan klik tombol yang bertuliskan “bagi peserta SBMPTN yang telah memiliki pasangan KAP dan PIN.” Langkah-langkahnya sama dengan peserta reguler.

Tetapi untuk peserta bidikmisi ini, cara daftar SBMPTN 2019 dimulai dari langkah nomor 7 yaitu masuk dengan KAP dan PIN serta kode captcha sampai langkah terakhir mencetak kartu. Log in dengan memasukkan KAP dan PIN kemudian pilih file foto untuk diunggah dan tekan tombol upload. Atur pas foto klik tombol simpan. Isi biodata, isi data pendidikan dan langkah yang sama seperti sebelumnya.

Pahami bagaimana cara daftar SBMPTN 2019 ini. Lakukan langkahnya dengan benar dan seksama. Pastikan tidak ada yang terlewat agar pendaftaran SBMPTN ini berjalan lancar. Jangan lupa untuk memastikan lokasi ujian, memilih jurusan hingga mengecek kembali data sebelum menyimpan dan mencetak kartu SBMPTN. Jika kartu sudah dicetak, saatnya mempersiapkan diri untuk memberikan hasil tes terbaik.