Cara Daftar SNMPTN 2019 Lengkap!


Cara Daftar SNMPTN 2019 Lengkap!

Aktivitas rutin perguruan tinggi setiap pembukaan ajaran baru adalah penerimaan mahasiswa baru (PMB). Dimana pada pelaksanaan PMB ini ada banyak jalur seleksi untuk melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi atau universitas adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi, perguruan tinggi dapat dibedakan menjadi 2, yaitu Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta. Namun untuk perguruan tinggi negeri sendiri sangat banyak peminatnya untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tersebut sehingga diadakanlah jalur Seleksi  Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SNMPTN).  Banyak calon mahasiswa yang ingin tahu cara daftar SNMPTN 2019 melalui website resmi SNMPTN. Pendaftaran SBMPTN dan UTBK 2019

Inilah dia cara daftar SNMPTN 2019 yang wajib kamu ketahui  

1. Cara login siswa
Pertama-tama cara daftar SNMPTN 2019 dapat mengakses website resmi SNMPTN. Kemudian siswa bisa login menggunakan NISN dan password yang sama dengan password untuk verifikasi nilai pada PDSS. Apabila kamu baru pertama kali login, kamu akan langsung diminta untuk mengganti password, maka gantilah password kamu. Jika kamu tidak memenuhi syarat untuk mendaftar SNMPTN, maka dibawah kotak NISN akan muncul pesan "Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN 2019. Silakan mengikuti SBMPTN 2019."

2. Siswa Menyetujui Pernyataan
Cara daftar SNMPTN 2019 yang selanjutnya adalah sebelumnya siswa diwajibkan agar membaca dan menyetujui pernyataan kesungguhan untuk mendaftar melalui jalur SNMPTN dan akan menerima konsekuensinya. kemudian bila kamu menyetujui pernyataan yang diberikan, kamu dapat klik pernyataan persetujuan lalu klik tombol “Proses” untuk melanjutkan ke proses pendaftaran SNMPTN 2019.

3. Siswa Melakukan Pendaftaran
Untuk cara daftar SNMPTN 2019 yang ketiga, pilihlah menu Pendaftaran pada daftar menu di bagian atas sebelah kanan lalu klik tombol Formulir Pendaftaran. Pada Formulir pendaftaran terdiri dari 4 bagian, yaitu :
A. PTN Pilihan 1, di bagian ini kamu bisa memilih PTN mana yang menjadi pilihan utama 
B. PTN Pilihan 2, di PTN pilihan ke 2 ini bisa kamu pilih apabila PTN pilihan 1 sebelumnya tidak masuk 
C. Unggah foto dengan pas foto yang sudah kamu sediakan.
D. Formulir Pendaftaran, di bagian ini isilah dan pastikan terisi dengan benar.

4. Siswa Memilih PTN dan Program Studi
Berikutnya cara daftar SNMPTN 2019 adalah ketentuan pemilihan PTN dan program studi yang terdiri dari :
A. Jumlah program studi yang dapat dipilih maksimum 2
B. Jumlah perguruan tinggi yang dapat dipilih maksimum 2
Jika siswa yang mendaftar adalah beasiswa Bidikmisi tidak dapat memilih Universitas Islam Negeri (UIN) karena Bidikmisi tidak berlaku untuk Universitas Islam Negeri (UIN). Setelah itu klik tombol Selanjutnya.

5. Cara Mengunggah Foto
Sesudah memilih PTN dan Pogram Studi, cara daftar SNMPTN 2019 selanjutnya kamu harus mengunggah foto. Foto yang akan diunggah harus memenuhi syarat berikut :
A. Wajah siswa harus terlihat jelas
B. Memakai pakaian rapi
C. Memiliki rasio foto 4 banding 6 dengan ukuran minimum 400 (lebar) x 600(tinggi) pixel
D. Harus dalam format JPEG (.jpg)
E. Ukuran file foto tidak lebih dari 1 MB

6. Siswa mengisi form pendaftaran
Pada bagian awal formulir pendaftaran akan tampil pilihan PTN dan program studi kamu. Pastikan mengisi datanya sudah benar agar sesuai dengan panduan cara daftar SNMPTN 2019. Dan pada keseluruhan item isian di formulir yang bertanda (*) harus wajib diisi dengan benar. Apabila pengisian sudah selesai semua, klik tombol Selesai dan Simpan.

7. Finalisasi pendaftaran SNMPTN
Cara daftar SNMPTN 2019 yang terakhir yaitu siswa memfinalisasi pendaftaran SNMPTN (jika telah difinalisasi, pendaftaran TIDAK DAPAT DIUBAH lagi, bila tidak difinalisasi, akan dianggap TIDAK mendaftar). Setelah itu siswa dapat mengunduh dan mencetak kartu tanda peserta SNMPTN 2019.

Itulah cara daftar SNMPTN 2019 yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya. Semoga artikel ini dapat membantu kamu mengisi form pendaftaran SNMPTN. Apabila kamu masih bingung atau kesulitan dalam mengisi form pendaftaran, silahkan akses panduan lengkapnya di website resmi SNMPTN tersebut. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk kamu ya.