Kisi-kisi dan Contoh Soal SBMPTN 2019

SBMPTN merupakan ujian dan syarat awal untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut yang akan di jalani seorang siswa setelah menempuh atau menyelesaikan masa pendidikan mengenai atas. Untuk cara dan syarat masuk dari PTN sendiri ada beberapa mulai dari jalur mandiri, SBMPTN, dan beberapa hal lainnya. Pembahasan ini akan lebih berfokus mengenai proses masuk ke PTN melalui jalur SBMPTN. Dengan melalui jalur ujian ini tentunya seorang siswa yang telah lulus harus mempersiapkan diri dengan sejumlah materi dan pelajaran untuk menghadapi ujian tersebut. Dengan harapan nantinya mendapat kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019.
Kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019
Tingginya peminat ujian tersebut setiap tahunnya membuat anda harus ekstra belajar serta mencari tahu dalam hal ujian tersebut. Mulai dari cara pendaftaran, pembayaran, dan temapt di mana anda nantinya melaksanakan ujian tersebut. Berikut ini akan di bahas mengenai kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 yang mungkin dapat menambah informasi anda nantinya.

Kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 untuk menambah materi anda

1. Bahasa Indonesia
Untuk mata pelajaran yang satu ini memiliki fokus materi seperti membaca non sastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata kalimat paragraf. Untuk membaca non sastra anda di haruskan untuk menentukan makna kata dalam sebuah kalimat yang di berikan pada soal. Kedua pada bagian membaca sastra anda di haruskan untuk mengambil inti atau makna yang tersirat. Contoh soal terutama ada bagian menulis terbatas ini anda akan dihadapkan dengan soal perintah untuk melengkapi sebuah kalimat dalam paragraf dengan pilihan yang telah di berikan pada kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019.

2. Bahasa Inggris
Mata pelajaran selanjutnya yang akan diujikan dalam SBMPTN adalah bahasa Inggris yang pelajaran ini hampir ada pada semua jurusan. Kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 terutama untuk bidang mata pelajaran bahasa Inggris ini adalah fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa. Fokus dari fungsi sosial peserta akan di berikan materi atau soal untuk mencari sebab akibat dan latar belakang dari permasalahan tersebut. Jangan kaget karena soal yang di berikan kepada anda merupakan sola dengan cangkupan yang lebih luas. Karena nantinya anda sebagai mahasiswa di tuntut untuk merubah pola pikir anda selama ini yang ada pada Sekolah Menengah Pertama. Sedangkan pada jenis struktur teks peserta akan diminta untuk menganalisa makna serta bagian-bagian dalam sebuah teks.
Kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 selanjutnya adalah unsur bahasa dengan tujuan anda di perintah untuk menganalisa. Seperti pada contoh soal untuk menentukan persamaan kata, word order atau kata perintah, pronoun, tense dan lain sebagainya. Soal-soal tersebut nantinya akan sering keluar dari beberapa waktu ini. Jika anda tergolong orang yang dikategorikan memiliki kelemahan dalam bidang bahasa Inggris ada baiknya untuk mempelajari dan mengfokuskan pada beberapa hal yang telah di sebutkan.

3. Matematika
Ketiga pelajaran ini merupakan soal ujian yang memiliki kategori umum yang sering kali diujikan dalam SBMPTN. Untuk pelajaran matematika kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 nantinya akan difokuskan ke bilangan, aljabar, geometri dan pengukuran, serta statistik dan peluang. Bisa di katakan yang termasuk dalam soal langganan yang setiap kali keluar ada statistik. Nantinya agar cepat dalam mengerjakan beberapa soal ini di harapkan anda tidak terlalu fokus dengan angkanya. Melainkan fokus dengan konsep dan cara mengerjakan beberapa fokus soal yang telah di berikan di atas. Karena jenis soal yang nantinya akan di berikan pada ujian SMBPTN selain memerlukan kinerja otak kiri kita juga di tuntut memainkan peran dan fungsi dari otak kanan.

Karena dengan pemahaman yang baik dan benar mengenai makna dan konsep dari sebuah materi akan membantu anda keluar dari jebakan pertanyaan soal. Semisal contoh soal ketika menemui aljabar anda jangan terlalu fokus dengan soal cerita akan tetapi fokus dengan konsep cara penyelesaian nya. Karena kadang para peserta seringkali terjebak dengan hal-hal tersebut. Semoga beberapa hal yang telah di berikan mengenai kisi-kisi dan contoh soal SBMPTN 2019 dapat membantu anda dalam mengatasi ujian tersebut. Ada kalanya meminta doa dan restu dari orang tua untuk kelancaran proses tersebut dapat membantu dan meringankan anda nantinya.