Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK PALING LENGKAP! Resmi!

Persiapan dalam menghadapi Ujian Nasional memang penting. Bisa dengan latihan soal-soal UN tahun sebelumnya, buku latihan soal yang beredar hingga mengikuti try out yang diadakan di tingkat sekolah ataupun tingkat kota. Tak hanya itu, para peserta bisa lebih memahami bagaimana kisi kisi soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK agar memfokuskan diri untuk menganalisis bagaimana bentuk soal yang kemungkinan keluar di UN. Jika sudah menyiapkan diri sebaik mungkin maka tentunya tidak akan merasa minder lagi dalam menjawab soal-soal UN. Kisi Kisi UN SMP 2019
Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK PALING LENGKAP! Resmi!
Kisi kisi diberikan untuk tiap jenjang pendidikan. Tujuannya adalah untuk mampu membaca bagaimana bentuk soal yang akan muncul nanti. Berikut ini merupakan kisi kisi dari soal Ujian Nasional 2019 tingkat SMA SMK. Pahami dan analisa dengan baik bagaimana kisi tersebut akan muncul di UN.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK Bahasa
Level kognitif mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMA SMK untuk IPA/IPS/ Keagamaan meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran. Lingkup materi yang diujikan adalah membaca non sastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat dan paragraf dan menyunting ejaan serta tanda baca. Salah satu aspek yang diujikan pada membaca non sastra adalah pada level kognitif aplikasi yakni menginspirasi. Pada membaca non sastra, peserta didik diharapkan bisa menemukan ide pokok.

Sementara untuk kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMA SMK mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk bahasa SMA/MA meliputi lingkup materi membaca non sastra, menulis terbatas dan struktur kebahasaan. Level kognitifnya meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran. Untuk level kognitif aplikasi, pada lingkup materi menulis terbatas, peserta didik dapat melengkapi paragraf, melengkapi unsur teks atau melengkapi argumen hingga menafsirkan unsur teks.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK Matematika IPA SMA/MA
Level kognitif pada kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMA SMK mata pelajaran Matematika IPA SMA/MA ini meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dna penalaran. Lingkup materi yang diberikan adalah aljabar, kalkulus, geometri dan trigonometri serta statistika. Salah satu level kognitif pada aspek aplikasi adalah menentukan dengan lingkup aljabar yang mana peserta didik memiliki kemampuan dalam mengaplikasikan konsep aljabar dalam masalah kontekstual seperti topik fungsi, komposisi fungsi hingga grafik fungsi.

Berbeda dengan kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMA SMK mata pelajaran Matematika untuk IPS/ Keagamaan SMA/MA. Pada level kognitif aplikasi, lingkup materi kalkulus peserta dapat memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus dalam masalah kontekstual pada topik seperti limit fungsi aljabar turunan fungsi aljabar hingga integral tentu dan tentu.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK Fisika – IPA
Pada lingkup materi mekanika dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman, peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang apa itu pengukuran dan hubungan impuls dan momentum. Juga pada lingkup materi gelombang dan optik dengan level kognitif penalaran, peserta didik mampu bernalar tentang gaya dan juga getaran, cara kerja alat optik, gelombang berjalan serta gelombang stasioner. Berbeda dengan lingkup materi termodinamika dengan level kognitif aplikasi, peserta didik mampu mengaplikasikan tentang azas black, kalor dan juga perpindahan kalor.

Ada banyak lanjutan kisi kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMA SMK ini. Beberapa diantaranya yang telah disebutkan semoga bisa membantu memberi gambaran apa saja soal yang kiranya akan muncul di ujian nasional. Persiapkan diri sebaik mungkin. Pahami konsep dan tetaplah percaya diri untuk mampu memecahkan soal serta mencari jawaban paling benar.