Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMP Resmi!

Ujian Nasional yang digelar di Indonesia memang bukan menjadi penentu kelulusan 100%. Tetapi pelaksanaannya sangat vital. Seluruh Indonesia mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat melaksanakan ujian nasional ini. Berbagai upaya dilakukan pihak sekolah untuk membantu para siswa menghadapi UN dengan baik. Seperti adanya jam tambahan untuk fokus belajar soal-soal UN tahun lalu, adanya try out di tingkat kota ataupun dari pihak sekolah. Memahami kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMP merupakan salah satu kunci sukses untuk menghadapi UN nanti.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMP Resmi!

Kisi kisi soal menjadi acuan dan cara kita untuk menganalisis soal seperti apa yang akan muncul di UN nanti. Tak hanya itu, soal-soal UN di tahun-tahun sebelumnya juga bisa menjadi bahan belajar para peserta. Ada banyak buku latihan soal yang bisa membantu kita untuk mempersiapkan diri. Berikut ini tips untukmu di tingkat SMP sederajat dalam menghadapi UN nanti.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMP Sederajat Bahasa Indonesia
Untuk level kognitif meliputi pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran. Sementara lingkup materi dari kisi kisi soal Ujian Nasional 2019 SMP ini meliputi mengidentifikasi, menentukan dan memaknai. Masing-masing memiliki lingkup materi membaca nusantara, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, paragraf hingga menyunting ejaan dan tanda baca.
Peserta ujian mampu menentukan makna kata atau kalimat yang ada pada teks. 

Hal ini merupakan kisi untuk membaca nusantara pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Peserta mampu menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel. Materi ini juga termasuk membaca sastra pada level yang sama. Sementara untuk materi menulis terbatas, peserta didik mampu melengkapi istilah atau kata yang ada di dalam kalimat. Pada lingkup materi menyunting kata, kalimat, paragraf, peserta didik mampu menunjukkan kata yang tidak sesuai dengan kaidah.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMP Sederajat Bahasa Inggris
Mata pelajaran bahasa Inggris memiliki level kognitif yang terdiri dari pengetahuan dan pemahaman, aplikasi dan penalaran. Sementara lingkup materi yang dimilikinya adalah fungsi sosial, struktur teks hingga umur kebahasaan. Pada level kognitif aplikasi, salah satu fungsi sosial yang diharapkan adalah peserta didik bisa membandingkan, mengklasifikasi, menjelaskan aspek fungsi sosial seperti tujuan, latar belakang atau alasan hingga sikap atau nilai yang diusung.

Berbeda pada lingkup materi struktur teks dengan level kognitif pengetahuan dan pemahaman. Salah satu yang diharapkan adalah peserta didik mampu mengidentifikasi keterkaitan makna antar bagian-bagian yang ada dalam teks seperti pandangan atau maksud atau pendapat yang menjadi ide utama. Juga rincian langkah-langkah, rincian peristiwa hingga rincian deskripsi. Sementara pada lingkup materi umur kebahasaan, pada level kognitif penalaran peserta didik diharapkan mampu membandingkan, mengidentifikasi dan menjelaskan umur kebahasaan yang terkait dengan isi teks seperti persamaan kata dan lain sebagainya.

Kisi Kisi Soal Ujian Nasional 2019 SMP Sederajat Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Dengan level kognitif yang hampir sama, kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMP untuk matematika ini memiliki lingkup materi bilangan, aljabar, geometri, statistika dan peluang. Pada level kognitif aplikasi, peserta didi bisa mengaplikasikan pengetahuan tentang operasi bilangan bulat, pecahan, perbandingan dan lain sebagainya. Sementara untuk ilmu pengetahuan alam,  pada lingkup materi mekanika dan tata surya, peserta didik mampu memahami pengetahuan tentang gerak lurus, jenis gaya, sistem tata surya dan lain sebagainya.

Kisi kisi soal ujian nasional 2019 SMP ini diharapkan mampu membantu peserta didik untuk menyiapkan diri menghadapi UN. Gunakan banyak referensi untuk memperkaya bahan belajar. Selamat berjuang, semoga sukses!