Tata cara daftar ulang MABA SNMPTN 2019 Universitas Airlangga

Tata cara daftar ulang MABA SNMPTN 2019 Universitas Airlangga - Jumat, 22 Maret 2019 LTMPT telah mengumumkan kelulusan calon Mahasiswa Baru (MABA) Jalur SNMPTN 2019. Rektor Universitas Airlangga Prof Moh Nasih menyampaikan selamat bagi 1.695 bagi calon MABA Unair.  Cara Daftar Ulang Maba UI Jalur SNMPTN 2019
Rektor Unair tersebut juga menerangkan beberapa hal yang harus diperhatikan calon mahasiswa baru (maba) untuk mendaftar ulang. Nasih meminta mereka untuk mempersiapkan diri dengan segala berkas yang diperlukan sampai 17 April mendatang.

"Salah satu yang mendesak adalah segera meng-upload data terkait dengan kemampuan ekonomi dan curriculum vitae. Agar segera bisa dilakukan evaluasi untuk menentukan besaran uang kuliah tunggal (UKT)," tambah Nasih

Selain itu, Nasih juga menyebutkan, seluruh program studi di Unair juga membutuhkan surat keterangan sehat. Tak hanya itu, mahasiswa juga perlu untuk melengkapi hal tersebut dengan asuransi BPJS atau non BPJS dan surat keterangan bebas narkoba.

"Semua prodi yang ada di UNAIR juga menginginkan surat keterangan sehat dari semua calon mahasiswa. Di antaranya asuransi BPJS dan non BPJS, serta surat keterangan bebas narkoba. Untuk prodi yang mensyaratkan tidak boleh buta warna akan dilakukan tes. Di antaranya prodi kedokteran, kimia dan farmasi," imbuhnya. 

Nasih menegaskan, mahasiswa yang sudah diterima di jalur SNMPTN, dilarang keras mendaftar kembali di SBMPTN. "Bagi para peserta SNMPTN yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019," lanjut Nasih.

Adapun prosedur untuk melakukan daftar ulang MABA SNMPTN 2019 Universitas airlangga adalah sebagai berikut:

PRA PENDAFTARAN ULANG
  1. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melakukan pengisian dengan lengkap dan benar Data Registrasi serta Verifikasi Administrasi (secara online) serta melakukan upload file scan dalam bentuk file PDF :
    1. Ijazah/surat keterangan lulus (dapat menyusul).
    2. SKHUN / SKHUN Sementara (dapat menyusul).
    3. Akte Kelahiran Calon mahasiswa baru
    4. Surat Keterangan dari RT/RW yang berisi keterangan :
      1.  Pekerjaan Orang tua/wali (bagi calon mahasiswa baru yang orang tua/walinya bekerja pada sektor informal atau tidak bekerja)
      2. Jumah kepemilikan rumah orang tua/wali
      3. Jumlah kepemilikan kendaraan roda 2(dua) dan roda 4 (empat) orang tua/wali
    5. Foto copy KSK (Kartu Susunan Keluarga) orang tua/ wali Calon mahasiswa baru
    6. Foto copy SPPT PBB rumah orang tua/wali calon mahasiswa baru pada tahun terakhir
    7. Foto copy pembayaran rekening listrik 2 (dua) bulan terakhir rumah orang tua/wali
    8. Foto copy STNK dan bukti pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dimiliki orang tua/wali
    9. Fotocopy keterangan penghasilan brutto, pekerjaan dan jabatan orang tua/wali dari instansi atau tempat bekerjanya
    10. Fotocopy Akta Pendirian dan SIUP bagi orang tua/wali calon mahasiswa baru yang berprofesi pengusaha/wiraswasta
    11. Foto rumah tampak depan orang tua/wali calon mahasiswa baru yang kelihatan identitas nomor/bloknya melalui website http://regmaba.unair.ac.id, mulai tanggal 25 Maret – 12 April 2019
  2. Penentuan tarif UKT (Uang Kuliah Tunggal) didasarkan atas entry data calon mahasiswa
  3. Calon Maba SNMPTN UNAIR akan mendapatkan informasi perihal besaran tarif UKT (invoice) tanggal 18 April 2019 Pukul 07.00 WIB melalui website http://regmaba.unair.ac.id.
  4. Calon mahasiswa mencetak Formulir Data Registrasi, Formulir Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga dan Formulir Surat Pernyataan Bebas NAPZA.
 PENDAFTARAN ULANG
  1. Calon Maba SNMPTN UNAIR harus melaksanakan sendiri pendaftaran ulang sebagai mahasiswa baru UNAIR - tidak dapat diwakilkan kepada siapapun.
  2. Calon Maba SNMPTN UNAIR harus berpakaian rapi (berkemeja dan bersepatu) serta menjaga ketertiban selama mengikuti Proses Pendaftaran Ulang.
  3. Calon Maba SNMPTN UNAIR wajib melaksanakan verifikasi berkas/pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal pada:
    • Tanggal : 29 – 30 April 2019
    • Pukul : 08.00 – 16.00 WIB (Istirahat, Jam 12.00-13.00 WIB)
    • Tempat : Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Universitas Airlangga, Jl. Mulyorejo, Surabaya
  4. Disediakan LOKET A, B, C, D, E, dan F yang harus diikuti oleh Calon Mahasiswa secara berurutan, sebagai berikut :
a.            LOKET  (  A  )
      1. Menunjukan dan Menyerahkan Tanda Peserta SNMPTN 2019
      2. Menunjukkan Ijazah SMU/ SMK/Surat Keterangan Lulus dari Sekolah
      3. Menunjukkan SKHUN/SKHUN Sementara dari Sekolah
      4. Menunjukkan Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
      5. Menyerahkan kembali formulir Registrasi yang telah diisi dengan benar dan dilengkapi pas foto terbaru dengan latar belakang merah ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar untuk ditempel pada :

        • Formulir Pendaftaran
        • Formulir Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga
        • Formulir Surat Pernyataan Bebas NAPZA
      6. Menyerahkan Surat Pernyataan Bersedia Memenuhi dan mentaati ketentuan dan peraturan serta keputusan yang berlaku di Universitas Airlangga yang ditandantangani di atas materai
        Rp. 6.000.
      7. Menyerahkan Surat Pernyataan Bebas NAPZA yang ditandatangani di atas materai Rp. 6.000.
      8. Menunjukkan bukti asli pembayaran biaya pendidikan.
      9. Menyerahkan hasil tes kesehatan dan tes ketunaan dari Rumah Sakit Universitas Airlangga atau fasilitas layanan kesehatan pemerintah lainnya.
b.            LOKET  (  B  )
Verifikasi  Sidik Jari
c.            LOKET  (  C  )
Pembagian Jaket Almamater, Mutz dan Topi
d.            LOKET  (  D  )
Pengambilan Pas Foto untuk pembuatan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
e.            LOKET  (  E  )
Penyerahan Bukti Daftar Ulang/KTM Sementara
f.             LOKET  (  F  )
Melakukan Pembukaan Rekening Bank, Untuk Pembuatan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) yang berfungsi juga sebagai ATM maka Mahasiswa baru diwajibkan untuk membuka rekening di salah satu Bank tersebut di atas pada Cabang Universitas Airlangga sesuai dengan Bank pada saat Pembayaran Biaya Pendidikan Pertama (Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020).
g.            LOKET  (  G  )
Menyerahkan foto copy kartu BPJS Bagi calon Maba yang sudah memiliki kartu BPJS, dan melakukan pendaftaran BPJS bagi calon maba yang belum mempunyai kartu BPJS.

Untuk informasi pendaftaran ulang Calon Mahasiswa Universitas Airlangga 2019 lengkap dapat dilihat pada file pdf berikut: