Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMA SMK Paling Mujarab


Setiap tahun di dunia pendidikan selalu hangat diperbincangkan bagaimana Ujian Nasional akan berlangsung. Seperti yang kita tahu bahwa UN memang diselenggarakan untuk tingkat SD sederajat, SMP sederajat, SMA sederajat. Ujian ini akan berlangsung beberapa hari sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Meski sudah sering digelar tentu bagi para peserta ujian merupakan pengalaman pertama yang tak ayal membuat mereka merasa takut. Padahal, menghadapi UN hanya membutuhkan persiapan diri yang matang. Belajar, belajar dan belajar. Mau tahu tips lolos ujian nasional 2019 SMA SMK? Tips Lulus UN SMP 2019 Paling Mujarab

Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMA SMK Paling Mujarab

Tingkat SMA dan SMK tak lepas dari sorotan. Apalagi sistem yang ada menggunakan UNBK yakni ujian nasional berbasis komputer yang mana sistem ini diklaim lebih aman dan tentunya paper less. Persiapan dalam menghadapi UN ini dilakukan jauh hari dari pihak sekolah seperti menggelar Try Out dari tingkat sekolah ataupun kota. Mempersiapkan diri merupakan kunci sukses menghadapi ujian nasional.

5 Tips Lolos Ujian Nasional 2019 SMA SMK

1. Memahami Bagaimana Tata Cara Ujian Nasional
Salah satu tips lolos ujian nasional 2019 adalah memahami bagaimana  tata acara menjawab soal dengan benar. Karena ketika kita tidak bisa mengoperasikan untuk menjawab soal tentu yang terjadi adalah kebingungan. Pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah tahu bagaimana menggunakan komputer dan menggunakan program untuk ujian nasional.

2. Banyak Berlatih Soal
Menghafal seluruh pelajaran bukanlah solusi yang bagus untuk menghadapi UN. Tips lolos ujian nasional 2019 SMA SMK adalah mempelajari banyak soal. Tak perlu terpaku pada semua materi yang didapatkan selama 3 tahun. Lalu bagaimana caranya? Kisi kisi merupakan petunjuk nyata untuk setiap peserta ujian. Maka dari itu, belajar dari kisi kisi kemudian memahami bagaimana konsepnya akan membuat kita mudah untuk mengerjakan soal. Perbanyak referensi untuk berlatih soal dengan baik agar membuat kita terbiasa untuk menyelesaikan soal sulit sekalipun.

3. Percaya Diri
Issue mengenai kunci jawaban UN yang diperjual belikan selalu ada di kalangan peserta ujian. Padahal tentu hal tersebut sangatlah tidak baik. Percaya bahwa pemerintah akan menjaga kerahasiaan soal dan kunci jawaban dengan ketat apalagi sistem yang digunakan cukup sulit. Pupuklah rasa percaya diri dengan rajin belajar. Jawab soal UN sesuai dengan apa yang kita pelajari sebelumnya.

4. Jaga Kesehatan
Menjaga kesehatan merupakan salah satu tips lolos ujian nasional 2019 SMA SMK. Tak sedikit para peserta yang mengalami rasa gugup dan stress karena khawatir berlebihan ketika akan menghadapi UN. Padahal, rasa cemas berlebihan bisa mengganggu konsentrasi kita dalam mengerjakan soal tersebut. Jaga kesehatan agar tak semakin memburuk mendekati ujian. Perhatikan pola istirahat dengan baik, tak perlu memaksakan untuk begadang belajar tiap harinya. Sebaiknya belajar sesuai dengan kemampuan tetapi sesering mungkin. Bila perlu, konsumsi vitamin untuk menambah daya tahan tubuh kita.

5. Berdoa
Usaha terakhir ketika ingin lancar mengerjakan UN adalah berdoa. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Kalimat bijak ini sudah sering kita dengar dan yakinlah bahwa apa yang diusahakan dengan keras disertai doa maka bisa membuahkan hasil terbaik. Berdoa sebelum belajar, selesai belajar, sebelum mengerjakan UN dan ketika akan mengakhiri ujian. Pasrahkan segala bentuk usaha kita untuk mendapatkan hasil yang bagus jika memang sudah berusaha semaksimal mungkin.

Beberapa tips lolos ujian nasional 2019 SMA SMK ini semoga membantumu dengan baik. persiapkan diri jauh-jauh hari dengan berlatih soal, belajar bersama teman saling mendukung dan jaga kesehatan. Kunci dari suksesnya menghadapi UN ini adalah kesiapan diri kita. Tak perlu khawatr dan cemas berlebih jika memang sudah menguasai materi dengan baik. Selamat menghadapi ujian nasional, semoga sukses!