Info Beasiswa Etos Dompet Dhuafa Beastudi Indonesia

Bisa dibilang bahwa Beasiswa Etos cukup populer bagi kalangan pencari bantuan biaya sekolah. Di promotori oleh Dompet Dhuafa Beastudi Indonesia, setiap tahunnya selalu merekrut kalangan siswa yang berasal dari kalangan keluarga kurang mampu, berprestasi, dan ditargetkan bagi lulusan SMA. Nah sebagai salah satu referensi yang mungkin dibutuhkan, kali ini kami akan menjabarkan tentang informasi yang menyajikan tentang Beastudi Etos secara lengkap dan detail.

Info Beasiswa Etos Dompet Dhuafa Beastudi Indonesia

Apa itu beasiswa Etos? Program yang juga dikenal dengan sebutan Beastudi Etos merupakan suatu prgram yang dirancang, untuk investasi sumber daya manusia dengan berfokus pada pembinaan, pendampingan, dan juga pemberdayaan mahasiswa berprestasi. Khususnya bagi mereka yang mempunyai masalah dengan keterbatasan ekonomi.

Nah jika dilansir dari situs resmi penyedia Beasiswa Etos, dijelaskan tentang misi, visi, sasaran, penyediaan fasilitas, dan juga penerima manfaat. Dari sini sudah bisa dijabarkan bahwa pihak Dompet Dhuafa memang mementingkan program sehingga tercipta Sumber Daya Manusia (SDM) yang lebih berkualitas.

Apa yang dimaksud Visi? Berkaitan dengan tujuan, yang mengedepankan pembentukan sumber daya manusia berkarakter. Ditujukan untuk Indonesia unggul dan berdaya. Sepintas mungkin terlihat sederhana, namun visi tersebut akan mendorong perkembangan bangsa, dikarenakan SDM nya lebih berkualitas.

Jika dilihat dari segi misi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misi yang diterapkan pada Beastudi Etos diantaranya :
  • Menerapkan manajemen mutu khususnya dalam pengelolaan program Beastudi Etos.
  • Mendukung perkembangan serta penerapan kurikulum Beastudi Etos dengan basis karakter dan potensi individu.
  • Memaksimalkan peran pemberdayaan sebagai ruang tumbuh dari sumber daya manusia yang lebih berkarakter.
  • Menyesuaikan program dengan kearifan lokal
  • Mengembangkan, membangun, dan mengoptimalkan jaringan Beastudi Etos.
Sedangkan untuk sasaran dari program Beastudi Etos ialah kalangan murid yang baru lulus SMA/ sederajat, berasal dari kalangan keluarga yang kurang mampu, mempunyai prestasi secara akademik ataupun non-akademik, dan juga diterima pada salah satu PTN yang sudah direkomendasikan Beastudi Etos.

Apa saja bentuk fasilitas yang disediakan? Nah bagi sebagian orang, mungkin masih bertanya apa saja fasilitas yang akan diperoleh ketika disetujui sebagai penerima beasiswa. Maka dari itu, dibawah ini dilampirkan juga beberapa bentuk fasilitas yang disediakan. Untuk lebih jelasnya silahkan simak daftar berikut :
  1. Digratiskan dari biaya pendidikan kuliah selama delapan (8) semeseter. Durasi tersebut merupakan lama maksimal untuk kuliah normal.
  2. Memperoleh uang saku sebesar Rp. 600.000 / bulan selama empat (4) tahun atau selama menjalani kuliah delapan (8) semester.
  3. Digratiskan dari biaya asrama mahasiswa selama dua (2) tahun.
  4. Penerima beasiswa akan mendapat program pembinaan (sapacity building / development program) selama empat (4) tahun / delapan (8) semester.
  5. Memperoleh pembinaan sosial (Desa Produktif).
  6. Mendukung (support) prestasi dalam dan luar negeri.
Dari segi pengalaman, ada begitu banyak penerima manfaat dari adanya Beasiswa Etos. Terhitung hingga saat ini Beastudi Etos tersebar hingga 18 wilayah, dengan 20 kampus tersebar di seluruh Indonesia. Penerima manfaat yang aktif pada tahun 2018 setidaknya 635 mahasiswa dan 1670 alumni yang sudah merasakan program Beastudi Etos. Begitu untuk target tahun 2019, 2020, dan tahun-tahun berikutnya.

Wilayah mana saja yang tercakup pada sebaran PTN Program dari Beastudi Etos? Untuk daftar wilayah sebenarnya bisa dilihat langsung pada website resmi, namun guna melengkapi postingan ini, maka tidak ada salahnya jika kami melampirkan.

Daerah-daerah yang didukung PTN Program diantaranya :
Universitas Syiah Kuala (Aceh), Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Andalas (Padang), Universitas Lampung (Lampung), Universitas Indonesia (Jakarta), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Banten), Institut Pertanian Bogor (Bogor), Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung), Universitas Padjadjaran (Sumedang), Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta), Universitas Diponegoro (Semarang), Institut Teknologi Sepuluh November, Universitas Airlangga (Surabaya), Universitas Brawijaya (Malang), Universitas Mulawarman (Samarinda), Universitas Hassanudin (Makassar), Universitas Pattimura (Ambon), Universitas Mataram (Mataram), dan Universitas Haluoleo (Kendari).

Info lebih lanjut bisa bertanya pada kemahasiswaan dari kampus yang sudah disebutkan diatas. Atau bisa dengan mengunjungi link kontak dari Beastudi Indonesia di https://www.beastudiindonesia.net/kontak-kami/