Info Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Informasi Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah ini mungkin sudah tidak asing bagi beberapa kalangan orang, namun tidak menampik juga bahwa masih ada orang yang belum tahu dengan adanya bantuan biaya sekolah khususnya pada kampus Universitas Islam Negeri tersebut. Nah sebagai salah satu referensi yang mungkin saja bisa menjadi acuan, maka disini kami akan menjabarkan penjelasannya.

Info Beasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sebelumnya, perlu diketahui bahwa kampus di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyediakan berbagai macam jurusan pembelajaran. Dari sini bisa dibilang bahwa kampus tersebut tidak kalah dengan jenis universitas lain yang berlokasi di Jakarta. Bahkan kampus ini sudah berstatus Negeri sehingga mungkin nantinya akan mempermudah dalam mencari pekerjaan. Tepatnya pasca masa perkuliahan sudah selesai.

Nah disini ada beberapa jenis bantuan beasiswa yang diberikan oleh pihak kampus. Baik itu yang berasal dari dalam kampus sendiri (universitas), maupun hasil kerja sama dengan instansi atau lembaga lain untuk memajukan Sumber Daya Manusia di Indonesia.
Bantuan biaya kuliah diberikan pada mahasiswa berprestasi ataupun mahasiswa yang mempunyai kendala dengan finansial, atau lebih tepatnya tergolong pada kondisi ekonomi wali/orang tua yang tidak mampu. Dalam hal ini semua mahasiswa di kampus ini berhak untuk mengajukan permohonan beasiswa.

Dari pihak kampus UIN, disediakan dua beasiswa yang terbagi beasiswa Badan Layanan Umum (BLU), dan Beasiswa Sosial Trust Fund. Dalam hal ini bantuan beasiswa dibuka setiap tahun dan selalu ada kandidat yang berhak mengklaim bantuan tersebut.
Dilansir dari situs resmi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terdapat keterangan tambahan terkait dengan beasiswa Sosial Trust Fund. Hal tersebut dikarenakan rincian beasiswa terkait masih dalam cakupan yang sudah ditentukan.

Beasiswa Sosial Trust Fund tersebut terbagi dengan beasiswa mahasiswa berprestasi, pelajar di daerah terpencil, mahasiswa kurang beruntung, beasiswa pelajar daerah konflik, calon guru dan da’i, beasiswa santri, calon dokter dan perawat, serta beasiswa penggerak pembangunan desa.

Dari pembahasan diatas, kesemuanya hanya berasal dari internal kampus. Bagaimana dengan bantuan eksternal? Nah sedangkan untuk beasiswa eksternal ini, UIN mempunyai kerja sama dengan berbagai lintas instansi, yayasam, dan juga perusahaan yang bersedia untuk memberi beasiswa.
Beberapa diantara instansi atau lembaga tersebut diantaranya : Bimantara, Kementerian Agama, Beasiswa Bidik Misi Pemda, Bank Indonesia, Yayasan Supersemar, Bazis, Dompet Dhuafa, PT Gudang Garam, Orbit, JIMS, ISE PT Bank, Mandiri, Bina Amaliyah, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana cara mendaftar dan apa saja syarat yang harus dipersiapkan? Nah dalam hal ini sumber resmi UIN hanya menyampaikan bahwa syarat dan juga prosedur pengajuan bisa ditanyakan langsung pada bagian Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Atau bisa juga ditanyakan pada Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan di fakultas masing-masing.

Intinya, sedari awal harus dipikirkan terlebih dahulu apa jurusan kuliah yang nanti mau diambil. Selanjutnya langsung menuju bagian Kemahasiswaan pada fakultas atau jurusan yang sudah direncanakan tersebut.

Nah bagi yang memang berminat untuk melanjutkan kuliah, serta ingin melewati jalur bantuan beasiswa. Maka bisa langsung menuju pada alamat berikut :

Gedung Kemahasiswaan
Kampus I UIN Syarif Hidayatullah - Jl. Ir. H. Juanda No.95 Ciputat
Telp. (021) 7401925 Extensi 1840
Email : kemahasiswaan@uinjkt.ac.id

Untuk informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi beberapa link yang sudah kami sediakan dibawah ini. Keduanya menyediakan informasi yang berbeda, namun akan sangat membantu untuk tambahan referensi. http://kemahasiswaan.uinjkt.ac.id atau https://www.uinjkt.ac.id/id/beasiswa/