Info Daftar Beasiswa Unpatti Terbaru

Tidak berbeda dengan jenis yang lain, Beasiswa Unpatti ini juga bisa dilakukan secara online, dalam hal ini para peserta hanya diminta untuk mengikuti prosedur. Salah satu contohnya ialah mengisi form, melengkapi syarat yang dibutuhkan, serta hal-hal lain yang masih berhubungan dengan penerimaan mahasiswa dengan jalur beasiswa. Nah untuk informasi yang lebih lengkap, berikut kami sudah merangkumnya dari website resmi Universitas Pattimura.

Info Daftar Beasiswa Unpatti Terbaru

Melihat pada halaman pendaftaran beasiswa universitas Pattimura, tentu disitu akan disajikan tampilan sebuah form, dimana para peserta yang ingin daftar bisa mengisi secara lengkap. Form tersebut terkait dengan pemilihan jenis beasiswa, data diri, data orang tua, domisili, serta penghasilan rata-rata dalam keluarga. Semuanya wajib diisi dengan data yang benar-benar valid.

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah tentang apa saja syarat dan dimana bisa melakukan pendaftaran beasiswa tersebut. Maka dari itu kami hadir untuk memberikan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi. Sebenarnya terbilang sangat sederhana, namun meski begitu sangat tidak etis bisa nanti menggunakan langkah yang salah. Jadi simak baik-baik rincian dibawah ini.

Dilansir dari Halaman Pendaftaran Beasiswa Unpatti, ada beberapa keterangan yang sepatutnya diperhatikan terlebih dahulu. Dikarenakan hal tersebut mencakup berkas yang harus dilengkapi. Adapun file (berkas) tersebut diantaranya :
  1. Megisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan, pada tampilan website tersebut terletak pada bagian bawah.
  2. Melampirkan pas foto berwarna dengan ukuran 3x4, foto kopi rapor semester 1 (satu) hingga semester 5 (lima) yang sudah dilegalisir (stempel) oleh pihak Kepala Sekolah asal (file ini hanya khusus untuk Beasiswa Bidikmisi).
  3. Melampirkan surat keterangan mengenai peringkat siswa di kelas, serta beberapa bukti pendukung prestasi lain dalam bidang ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang sudah disahkan (legalisasi) oleh Kepala Sekolah (surat ini juga khusus untuk beasiswa Bidikmisi).
  4. Melampirkan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua/wali (slip gaji) atau bisa diganti dengan Surat Keterangan Tidak Mampu dari Desa/Kelurahan yang bisa dibuktikan kebenarannya. Surat ini bisa diperoleh dari Kantor Kepala Desa/Kepala Dusun atau Instansi tempat orang tua bekerja. Atau oleh tokoh masyarakat (juga khusus beasiswa Bidikmisi).
  5. Melampirkan hasil Scan Kartu Keluarga (Asli dan foto kopi) sebanyak dua lembar.
  6. Melampirkan foto kopi rekening listrik bulan terakhir atau dengan bukti pembayaran PBB dari orang tua/wali (jika memang mempunyai bukti pembayaran) dan juga khusus beasiswa Bidikmisi.
  7. Keterangan Tambahan!!! Semua berkas yang sudah disebutkan diatas di Scan (format jpeg) kemudian di upload dalam format rar/zip, tentu dengan menuliskan nama dan NIM (sebagai contoh : Aulia_Jaya_201771289.rar).
Membahas mengenai form pendaftaran, disitu ada beberapa tampilan isian yang harus dilengkapi. Beberapa diantaranya mencakup :
  • Jenis Beasiswa : Form ini akan menampilkan pilihan beasiswa yang akan diklaim oleh pendaftar. Pilihannya berupa Beasiswa Bidikmisi, PPA/BBM, Pertamina, Bank Indonesia, dan Beasiswa Supersemar.
  • Data Diri : form ini berisi pilihan terkait nama, NIM, Jenis kelamin, Agama, Tempat lahir, Tanggal Lahir, Sekolah Asal, Kabupaten,Fakultas Tujuan, Angkatan, Alamat, Kode Pos, Nomer ponsel, dan juga alamat surel (E-mail).
  • Data Keluarga : mencakup isian nama ayah/wali, nama ibu, pekerjaan orang tua, tanggungan, status, pendidikan orang tua, dan nomer telepon.
  • Form lain berisi tentang domisili dan keterangan penghasilan keluarga. Disini peserta akan diminta untuk mengisi status kepemilikan rumah, sumber listrik, sumber air, jarak dari kota, jumlah orang yang tinggal, serta mengisi penghasilan dari ayah/ibu/wali.
Nah untuk info lebih lengkap silahkan kunjungi http://kemahasiswaan.unpatti.ac.id/index.php?option=com_jforms&view=form&id=2&Itemid=75