Info Pendaftaran Bintara TNI AD 2019

Info Pendaftaran  Bintara TNI AD ini kami rangkum dari situs resmi dari website kemiliteran Indonesia. Jadi semua isi yang kami bagikan merupakan hasil penulisan ulang (diperjelas) sehingga bisa lebih mudah dipahami oleh para calon bintara yang ingin mendaftar. Guna mengikuti perkembangan zaman seperti sekarang ini, untuk mendaftar penerimaan bintara ini juga bisa dilakukan secara online.

Info Pendaftaran Bintara TNI AD 2019

Kenapa kami membahas tentang info pendaftaran bintara? Hal tersebut dikarenakan tidak sedikit yang bertanya mengenai lowongan penerimaan bintara baru di kalangan TNI AD tersebut, maka dari itu disini kami hadir untuk memberikan referensi bagi yang membutuhkan. Bagaimana cara daftar? Apa saja syarat dan ketentuannya? Berikut kami sudah merangkumnya secara singkat dan jelas.

Dari segi pengumuman, Pendaftaran telah dibuka terhitung sejak tanggal 1 Januari 2019. Dalam hal ini hanya menunggu proses seleksi seperti yang sudah ditentukan pada jadwal. Untuk mengetahui lebih lengkap, ada baiknya jika menyimak artikel ini sampai selesai.

Dalam hal persyaratan, ada 4 jenis syarat yang terbagi dengan persyaratan umum, persayaran lain, persyaratan tambahan, dan juga persyaratan khusus. Disini kami hanya memberikan rangkuman, jadi untuk mengetahui lebih lengkap, silahkan cek di http://ad.rekrutmen-tni.mil.id/berita/persyaratan/bintara-ad

Sebagai persyaratan umum, hal pertama pendaftar harus termasuk warga negara Indonesia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berjanji setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasar dengan Pancasila dan Undang-undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, berusia minimal 17 tahun 9 bulan, dan maksimal 22 tahun tepatnya ketika sudah dilakukan pembukaan pendidikan pertama pada tanggal 30 September 2019, tidak mempunyai catatan kriminal (SKCK), sehat jasmani dan rohani (tidak berkacamata), dan tidak kehilangan hak menjadi prajurit berdasar putusan pengadilan dengan kekuatan hukum tetap.

Selain syarat sederhana diatas, sebagai tambahan harus diperhatikan pula :
  • Bukan merupakan anggota, mantan prajurit TNI/Polri, dan PNS TNI baik itu laki-laki ataupun perempuan.
  • Mempunyai Ijazah minimal SMA/MA/SMK, baik itu negeri ataupun swasta yang mempunyai akreditasi sesuai kriteria. Namun dengan syarat nilai rata-rata lulusan 2014 minimal 6, lulusan 2015 minimal 55, lulusan 2016 minimal 50, lulusan 2017 minimal 40 (Jawa, Sumatera, Bali), minimal 38 unutk wilayah lainnya, dan lulusan 2018 minimal 39 (Jawa, Sumatera, Bali), dan 37 untuk wilayah lain.
  • Mempunyai tinggi badan minimal 163 cm (laki-laki), dan 157 cm untuk perempuan, serta dengan berat badan seimbang menurut yang sudah ditentukan.
  • Belum pernah menikah dan sanggup tidak nikah sampai pendidikan pertama hingga 2 tahun pasca pendidikan pertama.
  • Sepakat menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 10 tahun
  • Siap sedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Harus menjalani pemeriksaan/ pengujian (seleksi) yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan dengan materi : Administrasi, kesehatan, jasmani, mental ideologi, psikologi, dan akademik.
Terlepas dari dua kelompok syarat yang sudah kami sebutkan diatas, adapula syarat tambahan dan syarat khusus. Namun hal tersebut kami kira bisa dilihat langsung pada website resmi. Dan disini kami hanya ingin menambahkan jadwal seleksi yang mungkin lebih dibutuhkan.

Seleksi Bagi Reguler Pria :
Pendaftaran Online : Dimulai sejak 1 Januari 2019
Daftar Ulang dan Validasi : 13 S/D 28 Agustus 2019
Pengecekan Awal : 2 S/D 11 Septemper 2019
Parade : 12 S/D 13 September 2019
RIK / Uji Tingkat Pusat : 16 S/D 26 September 2019
Pembukaan Pendidikan (Mulai) : 30 September 2019

Seleksi Reguler Wanita :
Pendaftaran Online : Sejak 1 Januari 2019
Pendataan : 1 Juli S/D 4 Agustus 2019
Pengecekan Awal : 5 S/D 16 Agustus 2019
Rekorset : 28 Agustus 2019
RIK / Uji Tingkat Pusat : 6 S/D 16 September 2019
Pembinaan : 18 S/D 27 September 2019
Pembukaan Pendidikan : 30 September 2019

Berikut link-link yang mungkin bisa dijadikan referensi tambahan untuk semua keterangan kami diatas :