Beasiswa PPA Ristekdikti UGM Terbaru

Beasiswa PPA Ristekdikti UGM Terbaru ini merupakan informasi yang diberikan secara umum bagi calon mahasiswa lanjutan. Umumnya berlaku untuk mahasiswa jenjang S1 atau Diploma IV yang berkeinginan untuk meningkatkan prestasi akademik. Nah sebagai salah satu penyampai berita, tentu disini kami juga akan memberikan keterangan mengenai hal yang dimaksud. Seperti apa dan bagaimana? Tentu akan lebih baik jika mengikuti artikel ini hingga akhir.

Beasiswa PPA Ristekdikti UGM Terbaru

Menurut yang diperoleh dari sumber resmi Universitas Gadjah Mada, disampaikan bahwa Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Diberikan bantuan beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) kepada setidaknya 1.611 mahasiswa UGM. Besaran biaya yang diberikan ialah Rp. 400.000,- untuk setiap mahasiswa per bulannya. Tepatnya selama durasi 1 tahun anggaran (dari bulan Januari hingga Desember 2019). Namun terdapat pula syarat dan ketentuan yang harus dilengkapi.

Apa saja syarat yang masih diperlukan? Untuk memperoleh jawaban ini, tentu anda juga bisa melihat langsung dari situs resmi UGM. Akan tetapi, supaya rincian yang kami sampaikan ini lebih lengkap, maka tidak ada salahnya jika kami merangkumnya kembali. Untuk lebih singkatnya, silahkan simak rincian berikut :

Syarat dan Ketentuan Umum :
  • Termasuk pada mahasiswa jenjang S1 reguler dan atau Diploma IV. Masih aktif dan terdaftar pada semester genap tahun 2018/2019 angkatan tahun 2016, 2017, dan angkatan tahun 2018.
  • Termasuk Mahasiswa Diploma III yang masih aktif atau terdaftar pada semester genap 2019/2019. Untuk angkatan ialah pada tahun 2017 dan 2018.
  • Mempunyai nilai IPK dengan minimal 3.0
  • Mempunyai bukti prestasi ko-kurikuler aserta ekstra kurikuler.

Persyaratan diatas hanya sebagai dasar saja, dikarenakan masih tedapat beberapa berkas yang menjadi bahan untuk bisa mengajukan bantuan beasiswa PPA UGM. Berkas tersebbut mencakup :
  1. Formulir pendaftraan beasiswa yang bisa diunduh secara online (klik untuk download)
  2. Melampirkan surat Rekomendasi Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (surat ini sudah berada pada didalam formulir yang di download).
  3. Surat Pernyataan sedang tidak menerima bantuan beasiswa atau bantuan biaya pendidikan dari lembaga lain. Diketahui oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan (juga sudah ada dalam formulir)
  4. Mempunyai Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  5. Melampirkan Kartu Rencana Studi semester genap tahun 2018/2019.
  6. Melampirkan transkrip nilai hingga semester Gasal 2018/2019 yang sudah disahkan (legalisir) oleh pihak Fakultas / Sekolah Vokasi.
  7. Melampirkan Sertifikat PPSMB
  8. Melampirkan surat penghasilan orang tua
  9. Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Terlepas dari itu, mahasiswa bisa melakukan proses pendaftaran secara online (daring) melalui menu beasiswa pada laman yang sudah disediakan oleh pihak UGM di https://ditmawa.simaster.ugm.ac.id. Paling lambat pada tanggal 23 Juli 2019.

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan, untuk info lebih lanjut bisa kontak bagian kemahasiswaan kampus terkait.