Informasi Beasiswa Habibie Center Terbaru

Informasi Beasiswa Habibie Center Terbaru ini, merupakan salah satu dari beberapa berita yang kami bagikan terkait dengan bantuan biaya belajar pada jenjang sekolah yang lebih tinggi. Oleh karena itu, siapa tahu ada yang berminat untuk mengklaim beasiswa tersebut. Jadi kami mencoba untuk menyajikan informasi yang sekiranya dibutuhkan.

Informasi Beasiswa Habibie Center Terbaru

Menurut yang kami rangkum dari beberapa situs, beasiswa Habibie Center merupakan suatu yayasan Sumber Daya Manusia dalam Ilmu Pengetahuan dan teknologi (Yayasan SDM-IPTEK). Yayasan ini didirikan oleh Prof. Dr. Ing. B.J Habibie selaku mantan presiden RI pada tahun 1997. Sedangkan untuk badan pengurus yayasan tersebut dipimpin oleh Prf. Dr. Ing, Wardiman Djojonegoro, selaku mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dengan berbagai tujuan.

Tujuan tersebut mencakup untuk mewujudkan SDM Indonesia yang lebih unggul serta mempunyai kualitas Iman dan Takwa yang tinggi. Menguasai, mengembangkan, dan juga mengendalikan ilmu pengetahuan serta teknologi secara mandiri.

Nah guna memberikan dukungan terhadap beberapa tujuan tersebut, Yayasan memberikan kegiatan yang diantaranya :
  1. Memberikan bantuan beasiswa pada tingkat S3 (Doktor)
  2. Memberikan penghargaan serta hadiah kepada orang atau Badan yang sudah mempunyai jasa atau melakukan terobosan pada bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Habibie Award).
  3. Melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
  4. Melakukan pembentukan atau membantu berdirinya Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Terlepas dari beberapa rincian diatas, Yayasan Habibie Center menawarkan program Beasiswa bagi jenjang S3 dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :

Beasiswa akan diberikan pada 2 periode dalam setahun. Intinya, periode pertama ialah pada bulan Mei (formulir yang dibutuhkan harus sampai pada panitia setidaknya 21 April tahun berjalan). Sedangkan periode kedua ialah pada bulan November (formulir pendaftaran yang diajukan paling lambat 20 Oktober)

Syarat dan Ketentuan :
  • Usia maksimal 35 tahun dan tidak menerima bantuan beasiswa dari lembaga atau sumber lainnya.
  • Sudah diterima atau memperoleh surat keterangan diterima pada program S3 pada perguruan tinggi atau lembaga yang ada di Indonesia.
  • Selama mengikuti program S2, penerima beasiswa S3 harus memperoleh nilai cum laude dengan minimal peringkat ke-5.
  • Calon pendaftar wajib menyerahkan dua rekomendasi dari tokoh ilmuwan pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Pedaftar juga harus menunjukkan sikap kepemimpinan pada bidangnya serta mempunyai tingkat integritas dan kreatifitas yang tinggi.

Proses Pendaftaran dan Seleksi :
Pertama, pendaftar diharuskan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap yang juga disertai dokumen. Seleksi yang diterapkan yakni : kelompok Ilmu Dasar, Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi, Ilmu Rekayasa, Ilmu Sosial, Hukum, Ekonomi, dan Politik, serta Ilmu Filsafat, Agama, dan Budaya.

Beberapa tunjangan yang akan diberikan ialah : Biaya pendidikan (SPP), dan dana studi lainnya, tunjangan tugas akhir, biaya buku/fotokpoi, biaya hidup, dan biaya transportasi dari daerah ke tempat kuliah (jika ketika melamar berada pada daerah di luar tempat belajar).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Habibie Center, silahkan kontak sdm-iptek@habibiecenter.or.id