Informasi Beasiswa Utusan Daerah IPB

Informasi  Beasiswa Utusan Daerah IPB ini pada dasarnya bisa dicek secara langsung pada situs resmi universitas terkait. Sebab disana sudah dimapirkan secara detail, mengenai apa saja syarat, prosedur, kontak, dan lain sebagainya. Jadi hal serupa seperti apa yang kami bagikan ini, juga bisa diketahui langsung dengan berkunjung kesana.

Informasi  Beasiswa Utusan Daerah IPB
Akan tetapi, mempunyai peran sebagai penyampai informasi, tentu juga sangat penting dan mungkin dibutuhkan oleh sebagian calon penerima beasiswa. Oleh karena itu, disini kami hadir untuk memberikan referensi, rincian, dan hal terkait yang nantinya akan mendukung informasi dari sumber resmi. Seperti apa dan bagaimana? Mungkin akan lebih baik jika anda menyimak artikel ini hingga selesai.

Menurut yang dilansir dari sumber resmi (admisi.ipb.ac.id), Beasiswa Utusan Daerah (BUD) merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru dengan Program Sarjana IPB. Hal ini juga direkomendasikan dan dibiayai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan perusahaan atau lembaga swasta. Serta jika lulus, diharap bisa kembali ke daerah masing-masing untuk mendukung pembangunan daerah.

Dari beberapa proses penerimaan, terdapat poin yang semestinya diperhatikan terlebih dahulu. Hal tersebut mencakup :
  • Informasi dari IPB nantinya disampaikan pada pemerintah pusat, pemerintah daerah (provinsi, Kabupaten, kota, perusahaan, BUMN, dan juga lembaga atau yayasan(.
  • Mempunyai komitmen dan bersedia memberikan biaya bagi calon mahasiswa BUD oleh pihak terkait.
  • Menjaring dan melakukan seleksi calon mahasiswa BUD oleh penyandang dana.
  • Pendaftaran BUD secara online oleh penyandang dana ke IPB
  • Menyelesaikan naskah Kesepahaman (MoU dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara IPB dan penyandang dana.
  • Menyelesaikan administrasi keuangan oleh penyandang dana
  • Pemanggilan dan registrasi calon mahasiswa BUD IPB

Rincian diatas berlaku untuk penyandang dana yang bersedia untuk memberikan bantuan pada calon penerima beasiswa. Sedangkan untuk persyaratan bagi pelamar (calon penerima beasiswa BUD), Syarat yang diterapkan sangatlah sederhana. Lebih lengkapnya, simak rincian berikut :
  • Mempunyai umur maksimal 25 tahun
  • Mempunyai nilai rapor SMA/MA/SMK dengan minimal 70 untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama paling tidak 5 semester pertama.
  • Dinyatakan sehat jasmani dan rohani
  • Terbebas dari penggunaan obat terlarang
  • Bersedia untuk tinggal di Asrama PPKU IPB pada tahun pertama.

Nah yang menjadi pertanyaan lanjutan ialah : Bagaimana cara mendaftar sebagai calon penerima BUD? Jawabannya sangatlah sederhana. Untuk lebih singkatnya, berikut tata cara yang bisa dilakukan untuk mendaftar sebagai calon penerima beasiswa :
  • Pendaftaran BUD dilakukan secara kelembagaan (bukan perorangan) oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Perusahaan, BUMN, Lembaga, atau Yayasan, dan bisa dilakukan secara online melalui laman bud.admisi.ipb.ac.id

Hal tersebut hanyalah keterangan singkat dan mungkin masih belum bisa dicerna oleh sebagian orang. Maka dari itu, untuk informasi lebih lengkap, ada baiknya mengunjungi Sekretariat BUD Program Sarjana, Direktorat Admisi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru (Ribka dan Apri), gedung Andi Hakim Nasoetion, lantai 1 Kampus IPB Dermaga bogor, 16680.