Syarat Pendaftaran Univeristas Bina Nusantara Lengkap

Syarat Pendaftaran Univeristas Bina Nusantara Lengkap ini pada dasarnya bisa dicek langsung pada situs resmi kampus terkait. Akan tetapi, peranan kami sebagai penyampai informasi, tentu juga akan membantu bagi semua kalangan yang masih bingung. Maka dari itu, meski tidak mempunyai perbedaan yang mencolok, namun keterangan yang kami buat ini bisa menjadi referensi dan mungkin dijadikan acuan bagi para calon pendaftar.

Syarat Pendaftaran Univeristas Bina Nusantara Lengkap
Untuk bisa mengikuti tahun ajaran baru akademik, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Sehingga pada saat penyerahan, berkas yang disediakan sudah lengkap. Nah yang menjadi beberapa hal untuk persiapan berkas, mungkin daftar dibawah ini akan sangat membantu.
  • Mengambil dan mengisi formulir pendaftaran di BINUS University. Biaya yang dibutuhkan untuk formulir ini tercantum sebesar Rp. 300.000,-
  • Menyiapkan 2 lembar pas foto dengan ukuran 3 x 4
  • Menyediakan foto kopi rapor SMTA kelas 10 hingga 11 yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah (Kepala Sekolah), syarat ini dkhususkan unutk pendaftar yang menggunakan jalur beasiswa).

Bagaimana cara mendaftar di Binus University? Apa saja jalur yang disediakan?. Nah, jika melansir dari website resmi, ada dua jalur yang bisa menjadi alternatif bagi pendaftar atau calon mahasiswa. Terbagi dalam jalur biasa dan jalur beasiswa.
  1. Jalur Biasa : Merupakan jalur dimana calon mahasiswa merupakan lulusan SMTA
  2. Jalur Beasiswa : Terdiri dari beberapa beasiswa parsial dan The Widia Scholarship for Outstanding Achievers (beasiswa penuh).

Seperti apa alur pendaftaran yang harus dilalui oleh pendaftar atau calon mahasiswa? Hal ini lebih dikenal dengan Tes Potensi Keberhasilan Studi atau TPKS. Langkah-langkah atau beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya :
  • Calon mahasiswa diwajibkan mengikuti TPKS sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh pihak kampus.
  • Calon mahasiwa diwajibkan untuk membawa kartu TPKS, Kartu Identitas (KTP/Kartu Siswa), serta alat tulis yang diperlukan untuk tes. Seperti halnya pensil 2B, pena, penghapus, dll.
  • Calon mahasiswa diwajibkan hadir 30 menit sebelum proses TPKS dimulai. Jika calon mahasiswa terlambat dari 30 menit tersebut, maka tidak diperkenankan untuk mengikuti TPKS.
  • Calon mahasiswa diwajibkan untuk mengenakan pakaian yang rapi, sopan, dan juga mengenakan sepatu.
  • Calon mahasiswa sangat tidak disarankan membawa barang berharga selama akan dan masih mengikuti TPKS. Dalam hal ini Binus University tidak bertanggung jawang atas kehilangan apapun selama proses TPKS berlangsung.
  • Untuk Materi TPKS, diantaranya mencakup : Logika berhitung, Abstraksi-Non-Verbal dan Tes Verbal (kemampuan dalam berbahasa).
  • Hasil tes TPKS bersifat rahasia dan sangat mutlak.

Bagaimana cara mengetahui hasil pengumuman hasil TPKS? Bagi calon mahasiswa yang sudah mengikuti TPKS, maka bisa melakukan pengecekan hasil melalui admisi online di http://admission.binus.ac.id. Apabila calon mahasiswa dinyatakan lulus, maka selanjutnya bisa melakukan pembayaran kuliah dan mendaftar ulang di Admisi Online atau langsung ke Admisi Binus University.