Syarat Pengajuan Beasiswa Universitas Hasanuddin Terbaru

Syarat Pengajuan Beasiswa Universitas Hasanuddin Terbaru ini sebenarnya bisa dicek langsung pada situs resmi. Akan tetapi, karena kami mempunyai peran sebagai penyampai informasi, maka tidak ada salahnya jika disini kami ikut membahasnya.

Syarat Pengajuan Beasiswa Universitas Hasanuddin Terbaru
Jika disimak secara singkat, Universitas Hasanuddin merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ternama di Indonesia Timur. Serta mempunyai siwa dengan jumlah kurang lebih 30.000, dari berbagai tingkat pendapatan orang tua yang berbeda-beda. Dari sebagian besar murid (mahasiswa) tersebut, bisa dikatakan kondisi ekonominya tergolong pada kalangan kurang mampu. Akan tetapi, Indeks Prestasi siswa diatas rata-rata 3.00.

Dengan adanya kendala ekonomi tersebut, Universitas Hasanuddin berupaya untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi dalam bidang akademik, ekstrakurikuler, dan juga mahasiswa dari kalangan ekonomi kurang mampu. Untuk setiap tahunnya, mahasiswa penerima beasiswa berjumlah 8.000 orang dengan total hingga Rp 15 miliar.

Nah yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja syarat yang bisa disiapkan sebelum bisa mengikuti program beasiswa dari Uiversitas Hasanuddin? Dalam hal ini ada juga kategori syarat. Pertama ialah syarat umum dan yang kedua ialah syarat khusus. Info selengkapnya bisa anda simak pada daftar dibawah ini.

Syarat Umum Beasiswa Universitas Hasanuddin :
  • Terdaftar sebagai mahasiswa Unhas dan tidak sering cuti (mahasiswa aktif)
  • Mempunyai nilai IPK minimal 2,75 dengan melampirkan Transkrip nilai.
  • Surat keterangan tentang penghasilan orang tua.
  • Melampirkan foto copy kartu keluarga (KK), kartu mahasiswa, dan juga bukti pembayaran SPP terakhir.
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  • Surat rekomendasi dari Pembantu Dekan III Fakultas masing-masing.
  • Surat keterangan tidak sedang menerima bantuan beasiswa dari instansi, lembaga, atau pihak lain. Bisa diperoleh dari Pembantu Dekan III Fakultas.
  • Surat keterangan berkelakuan baik, dari Pembantu Dekan III Fakultas
  • Mempunyai nomor rekening tabungan yang disesuaikan dengan kartu mahasiswa.
  • Surat keterangan dokter yang menyatakan bebas dari penggunaan obat terlarang.

Sedangkan untuk persyaratan khusus, diperuntukkan pada beberapa golongan sesuai dengan lembaga yang memberikan bantuan beasiswa. Seperti halnya beasiswa Komatsu yang hanya diperuntukkan bagi Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Kapan waktu yang tepat untuk mengusulkan Beasiswa? Menurut yang dijelaskan, jadwal beasiswa tergantung dengan donatur yang memberikan bantuan. Akan tetapi, sangat umum jika beasiswa diberikan ketika awal tahun berjalan.

Jika anda masih bingung, info yang kami peroleh dari bagian kesejahteraan mahasiswa biro kemahasiswaan Universitas Hasanuddin ini bisa dicek secara langsung pada website resmi. Jika memang berkenan, anda bisa mengunjungi link berikut : < Beasiswa Unhas >

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan terkait informasi beasiswa dari kampus Unhas. Semoga bisa memberikan referensi bagi yang membutuhkan.