Tata Cara Pendaftaran Simak UI Lengkap

Tata Cara Pendaftaran Simak UI Lengkap ini pada dasarnya bisa dilihat langsung pada situs resmi kampus terkait. Akan tetapi, ada pula sebagian orang yang masih belum paham dengan apa yang dijelaskan. Nah berperan sebagai salah satu penyampai informasi, maka pada postingan kali ini kami akan menjabarkannya untuk anda. Seperti apa dan bagaimana? Berikut rincian selengkapnya.

Tata Cara Pendaftaran Simak UI Lengkap
Apa itu Simak UI? Bagi orang yang belum paham, Simak-UI (Seleksi Masuk UI) merupakan bentuk ujian seleksi terpadu masuk UI yang diselenggarakan pihak kampus untuk calon mahasiswa yang ingin mendaftar. Ujian tersebut dilakukan secara serentak pada seluruh Indonesia. Mulai dari Jakarta, Tangerang, Tangsel, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Padang, Medan, Palembang, dan Makassar.

Tes tersebut ditujukan pada seluruh program pendidikan yang ada di UI. Baik itu Program Vokasi (D3), Sarjana Kelas Paralel,  Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor. Akan tetapi, ujian SIMAK Sarjana Kelas Internasional dan Sarjana Ekstensi diselenggarakan pada waktu yang berbeda.

Bagaimana proses masuk atau pendaftaran Universitas Indonesia? Nah, menurut yang kami rangkum dari sumber resmi. Terdapat sembilan poin yang menjadi tahapan atau proses pendaftaran. Beberapa diantaranya mencakup :
  1. Membuat Akun : Untuk bisa melakukan langkah ini, pertama anda harus mengunjungi situs penerimaan UI. Klik pada link “Buat Account” pada sisi kanan atas dan selanjutnya mengisi beberapa formulir yang muncul.
  2. Menggunggah Foto : Foto yang dibutuhkan ialah berwarna dengan ukuran 4x6 cm. Sebelum membuat pendaftaran, anda diharuskan unutk mengunggah foto terlebih dahulu.
  3. Membuat Pendaftaran : Jika sudah melakukan proses buat account, maka selanjutnya anda bisa login menggunakan username dan password yang sudah dibuat. Selanjutnya pilih “Buat Pendaftaran” bagi yang ingin membuat pendaftaran baru.
  4. Verifikasi Pendaftaran : Dilakukannya verifikasi ini ialah untuk memastikan bahwa anda sudah mengecek isian formulir pendaftaran serta pilihan program studi yang sudah terisi. Tentunya menggunakan data yang benar dan sudah mengetahui besaran biaya untuk program studi yang dipilih.
  5. Upload Berkas Persyaratan : Berkas yang dibutuhkan ini dikhususkan bagi pendaftar Program Pascasarjana (S2,S3), Profesi, Spesialis, S1 Ekstensi serta yang memilih S1 Kelas Internasional.
  6. Melakukan Pembayaran Biaya Pendaftaran : Langkah ini bisa dilakukan setelah anda menyelesaikan semua tahapan pendaftaran yang sudah kami sebutkan diatas. Formulir dan program studi yang dipilih tidak bisa diubah setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran.
  7. Mendownload Kartu Ujian Masuk : Kartu ini yang nantinya harus dibawa  pada saat ujian seleksi masuk.
  8. Menjalani Tes Seleksi Masuk : Umumnya tes dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.
  9. Mengecek Pengumuman : Pendaftar bisa melihat hasil seleksi pasca mengikuti ujian seleksi masuk.

Bagaimana cara melakukan pembayaran biaya pendaftaran? Jawabannya sangatlah sederhana. Sebab pembayaran biaya pendaftaran bisa dilakukan melalui mekanisme Host-to-host Universitas Indonesia. Dalam hal ini pendaftar bisa membayar biaya pendaftaran melalui ATM,Teller, ataupun Internet Banking.

Info lebih lengkap bisa kunjungi : https://penerimaan.ui.ac.id/id/page/registration